Amalan Sunnah 10 Rajab dan Keistimewaannya

Senin, 22 Januari 2024 - 13:11 WIB
loading...
Amalan Sunnah 10 Rajab dan Keistimewaannya
Ada amalan sunnah 10 Rajab (hari ke 10 di bulan Rajab), umat muslim dianjurkan berpuasa sunnah dan berdoa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada amalan sunnah 10 Rajab (hari ke 10 di bulan Rajab), umat muslim dianjurkan berpuasa sunnah dan berdoa. Amalan sunnah tersebut banyak keutamaannya mengingat keistimewaan bulan Rajab yang termasuk bulan yang dimuliakan (bulan haram) dalam Islam.

Tanggal 10 Rajab bertepatan dengan hari Senin (22/1), jadi bagi umat Islam selain melaksanakan puasa Rajab juga bisa dilakukan dengan puasa sunnah Senin. Mengapa puasa Rajab dianjurkan?

Sebagaimana dalam hadis Imam Al-Ghazali berikut ini:

وأما ما يتكرر في الشَهْرِ، فأوَّلُ الشَهْرِ وَأوَّسَطَهُ وَآخِرَهُ، وَوَسَطَهُ الْأَيَّامُ الْبَيْضُ، وَهِيَ الثَّالِثَ عَشَرَ وَالرَّابِعَ عَشَرَ وَالْخَامِسَ عَشَرَ. وَأَمَّا فِي الْأُسْبِ، فَالِإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ وَالْجُمُعَةِ، فَهَذِهِ هِيَ الْأَيَّامُ الْفَاضِلَةُ فِي يُسْتَحَبُّ فِيهَا الصِّيَامُ وَتَكْثِيرُ الْخَيْرَاتِ لِتُضَاعَفَ أُجُورُهَا بِبَرَكَةِ هَذِهِ الْأَوْقَاتِ


Artinya, "Hari utama dianjurkan puasa pada setiap pergantian bulan, yaitu hari awal, pertengahan, dan akhir bulan. Pertengahan bulan adalah ayyamul bidh, yaitu tanggal 13,14, dan 15. Sementara (hari utama dianjurkan puasa) pada setiap pergantian pekan, yaitu Senin, Kamis, Jumat. Itu semua hari-hari utama yang dianjurkan untuk diisi dengan puasa dan memperbanyak amal baik lainnya karena kelipatan ganjarannya sebab keberkahan waktu utama tersebut,"

Sedang berdoa, ada doa khusus untuk tanggal 10 Rajab ini. Menurut Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, dalam buku berjudul 'Kalender Ibadah Sepanjang Tahun', ada doa khusus yang bisa dibaca pada tanggal 1-10 Rajab. Seorang muslim dianjurkan membaca doa inisebanyak 100 kali. Berikut bacaan yang dimaksud:

سُبْحَانَ اللَّهِ الْحَيُّ الْقَيُّمِ


Subhaanallaahil hayyul qayyuum.

Artinya:

"Maha Suci Allah yang hidup kekal dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya."

Keistimewaan 10 Rajab

Dikutip dari laman NU online, almarhum Mustasyar PBNU KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) mengungkapkan keistimewaan tanggal 10 bulan Rajab. Disebutkan bahwa pada bulan Rajab terdapat dua peristiwa besar, yakni Isra' Mi'raj dan pindahnya nur Nabi Muhammad SAW dari punggung Sayyidina Abdullah bin Abdul Mutholib ke rahim Sayyidah Aminah binti Wahab atau disebut wiladah pertama. Peristiwa tersebut bertepatan dengan tanggal 10 Rajab, sehingga seorang muslim disunnahkan untuk berpuasa.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)