Gernas Baku, Mengakrabkan Orang Tua dan Anak melalui Buku

Selasa, 08 Mei 2018 - 15:44 WIB
Gernas Baku, Mengakrabkan Orang Tua dan Anak melalui Buku
Gernas Baku, Mengakrabkan Orang Tua dan Anak melalui Buku
A A A
KENDAL - Menjalin keakraban anak dan orang tua bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari bermain bersama hingga belajar. Seperti yang dilakukan siswa Taman Kanak-kanak (TK) di Kendal, Jawa Tengah, yang menggunakan buku untuk mengakrabkan hubungan anak dan orang tua.

Keakraban antara anak dan orang tua terlihat dalam sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di TK Universal Ananda, Kendal, Jawa Tengah, Selasa (8/5/2018). Dari gerakan ini, tumbuh rasa cinta dalam mendidik anak, sehingga siswa menjadi anak yang berkarakter, cerdas motorik dan kognitif, serta jadi insan yang kreatif dan mandiri serta bertakwa.

Orang tua membacakan buku di depan anak dengan bahasa yang mudah dicerna anak-anak. Berbagai buku disediakan oleh sekolah, mulai dari buku cerpen, dongeng kisah-kisah tokoh, dan sebagainya. Sembari duduk dan bercanda ria, orang tua ini membacakan buku dengan intonasi yang dapat dipahami anaknya.

Ketua Yayasan Nunik Pusporini mengatakan, Gernas Baku ini bertujuan untuk membangun dan mengeratkan hubungan emosional antara orang tua dan anak. Hal ini sebenarnya sudah sering dilakukan orang tua di rumah, tapi dengan gerakan ini orang tua bisa memberikan porsi lebih untuk membacakan buku kapan saja dan di mana saja.

Dengan gerakan ini, diharapkan tumbuh kesadaran pada orang tua untuk meluangkan waktu meski hanya sejenak membaca buku bersama anaknya. Selain itu, membacakan buku juga dapat merangsang pertumbuhan motorik dan kognitif anak.

Salah satu orang tua siswa, Hadi Listiono, mengaku sangat senang dengan kegiatan sosialisasi Gernas Baku ini. Menurutnya, gerakan ini juga sebagai penyadaran orang tua untuk lebih peduli terhadap pendidikan dan masa depan anak.

Selain itu Gernas Baku juga membuat cinta kasih orang tua dengan anak terjalin erat. Anak jadi aktif bertanya dan mencermati penjelasan yang kita berikan. Selain itu mengajari anak membaca dan memberikannya inspirasi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5620 seconds (0.1#10.140)