Nelayan Minta Ridwan Kamil Bangun Destinasi Wisata Pasar Ikan

Selasa, 08 Mei 2018 - 08:31 WIB
Nelayan Minta Ridwan Kamil Bangun Destinasi Wisata Pasar Ikan
Nelayan Minta Ridwan Kamil Bangun Destinasi Wisata Pasar Ikan
A A A
SUMBER - Hari pertama sepulang dari lawatannya ke Amerika, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil kembali melakukan kampanye politiknya untuk memenangkan kontestasi Pilgub 2018. Ridwan Kamil datang ke beberapa desa dan komunitas di Cirebon.

Di kampung nelayan, Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Senin (7/5/2018), Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil, mendapat banyak curhatan terkait kondisi desa. Salah satunya, dia diminta membangun destinasi wisata baru terkait perikanan. Desa Gebang Mekar dikenal sebagai desa nelayan pemasok komoditi perikanan terbesar di Kawasan Pantura.

M Idris, sesepuh desa itu percaya, jika Kang Emil terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat dapat membawa perubahan bagi tatanan masyarakatnya. Terbukti, Bandung di bawah kepemimpinan Kang Emil menjadi kota yang diminati para pelancong.

"Karena itu, kami, nelayan berharap kepada Ridwan Kamil agar wilayah Gebang dapat destinasi wisata terkait pasar ikan yang representative," ujar Idris.

Menurut Idris, Kang Emil adalah sosok pemimpin kreatif, penuh ide, inovasi, dan gagasan baru. Setelah melihat potensi desa Gebang sebagai desa nelayan, dia yakin, Kang Emil sudah memiliki ide terbaik untuk desanya.

"Nelayan ingin dibuatkan pasar ikan seperti di luar negeri, dimana orang-orang senang berbelanja ikan dan bisa langsung dimasak di tempat. Sehingga Desa Gebang bisa jadi destinasi pariwisata baru," katanya.

Persoalan lain yang mengemuka adalah mengenai alat kerja, seperti kapal yang selama ini mereka gunakan adalah kapal kecil. Mereka minta ditingkatkan menjadi kapal besar.

Carmad, nelayan setempat menyatakan bahwa masyarakat Desa Gebang perlu kapal yang lebih besar dan modern untuk meningkatkan produktivitas. "Ketika sudah ada kapal besar, maka perlu dermaga untuk sandar kapal-kapal bertonase lebih besar,” timpalnya.

Menurut dia, nelayan di Desa Gebang terkenal dengan hasil tangkapan ikan terbesar di Pantura. Tapi sayang, belum terbangun infrastruktur seperti dermaga yang memadai untuk menampung kapal-kapal bertonase besar. Karenanya hingga kini, nelayan masih menggunakan kapal kecil untuk melaut.

"Kendala dengan kapal kecil, jarak tempuhnya pendek dan waktu melautnya tidak bisa Panjang, hanya bisa semalam. Saya harap Pak Ridwan bisa bantu mewujudkan adanya dermaga di kampung nelayan ini," ucapnya.

Selain masalah dermaga, warga juga curhat kepada Kang Emil terkait permodalan dan pelatihan manajemen pemasaran.

Menanggapi hal tersebut Ridwan Kamil menuturkan, bahwa Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) memiliki program satu kota/kabupaten satu destinasi pariwisata baru sesuai potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut.

"Gebang ini punya potensi besar, potensi perikanannya besar, nanti kita buat infrastrukturnya supaya orang-orang betah untuk berwisata bahari ke sini," ujar Pemimpin Terbaik Dunia 2018 versi Majalah Fortune ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7791 seconds (0.1#10.140)