Pemimpin NATO: Bersiaplah Perang Lawan Rusia

Sabtu, 20 Januari 2024 - 08:54 WIB
loading...
Pemimpin NATO: Bersiaplah Perang Lawan Rusia
Pasukan AS mengikuti latihan bersama NATO di Romania, 31 Maret 2023. Foto/AP
A A A
BRUSSEL - Blok NATO harus bersiap menghadapi konflik besar dengan Rusia, yang memerlukan mobilisasi massal warga sipil serta perluasan produksi industri yang cepat untuk mempertahankan upaya perang.

Ketua Komite Militer NATO Laksamana Belanda Rob Bauer memperingatkan hal itu setelah pertemuan para kepala pertahanan NATO di Brussels pada Kamis (18/1/2024).

Dia mendesak blok tersebut bersiap menghadapi konflik besar dengan Moskow dalam 20 tahun ke depan.

“Kita harus menyadari bahwa kita tidak bisa hidup dalam damai. Dan itulah mengapa kita bersiap menghadapi konflik dengan Rusia,” ujar Bauer.

Dia menegaskan, “Itu dimulai dari sana. Kesadaran bahwa tidak semuanya dapat direncanakan dan tidak semuanya akan menjadi hal yang menarik dalam 20 tahun ke depan.”

Pejabat tersebut memperingatkan potensi konflik akan memerlukan upaya terfokus tidak hanya dari militer NATO itu sendiri tetapi juga dari industri dan warga sipil di negara-negara anggota.

“Anda harus bisa kembali ke basis industri yang mampu memproduksi senjata dan amunisi dengan cukup cepat agar konflik bisa berlanjut jika Anda berada di dalamnya,” tegas dia.

Dia menekankan, “Kita harus lebih siap di seluruh spektrum. Anda harus memiliki sistem untuk menemukan lebih banyak orang jika terjadi perang, baik itu terjadi atau tidak. Kemudian Anda berbicara tentang mobilisasi, cadangan, atau wajib militer.”



Pernyataan Bauer muncul di tengah serangkaian peringatan dari negara-negara anggota NATO mengenai dugaan konflik yang akan segera terjadi antara blok pimpinan Amerika Serikat (AS) dan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)