Terkait Demo Anarkis, Sultan Minta Warga Tidak Terprovokasi

Rabu, 02 Mei 2018 - 20:51 WIB
Terkait Demo Anarkis, Sultan Minta Warga Tidak Terprovokasi
Terkait Demo Anarkis, Sultan Minta Warga Tidak Terprovokasi
A A A
YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X meminta masyarakat Yogyakarta tidak terpengaruh atas aksi unjuk rasa anarkis di simpang empat depan kampus UIN Yogyakarta.

“Masyarakat jangan terpancing provokasi, tenang saja. Sudah ditangani aparat,” kata Sultan kepada wartawan usai mengikuti upacara Hardiknas di Alun-Alun Utara Yogyakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurut Raja Yogyakarta ini, unjuk rasa berakhir dengan pembakaran pos polisi ini erat kaitannya dengan aksi penolakan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Menurutnya, petugas kemanan juga langsung sigap mengatasi keadaan dengan mengamankan 65 orang yang diduga terlibat aksi itu. “Ya (itu) kepentingannya) Kulonprogo saja,” tegasnya.

Terkait adanya aksi vandalisme yang kata-katanya mengancam pribadinya, Sultan mengaku tidak risau dengan hal itu. Sultan juga tidak akan melaporkan aksi itu ke polisi. “(soal ancaman) tak semudah itu. ya tidak lapor. Opo-opo kok dilaporte,” ujarnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji berharap semua pihak diimbau penyampaian aspirasi bisa dilakukan dengan cara-cara yang santun dan baik. Baskara Aji juga tak risau jika aksi anarkisme itu akan mencoreng Yogya sebagai Kota Pendidikan mengingat para pelakunya adalah mahasiswa.

“Saya tidak terlalu khawatir (mencoreng kota pendidikan). Saya kira masyarakat sudah tau mana yang benar mana yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk. Masyarakat Yogya sudah maju dan intelek,” tegasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9299 seconds (0.1#10.140)