alexametrics

Kementerian Agama Mensosialisasikan Program Lima Pasti Ibadah Umrah di Surabaya

loading...
Kementerian Agama Mensosialisasikan Program Lima Pasti Ibadah Umrah di Surabaya
Kantor Kementerian Agama Jawa Timur bersama SINDO Weekly menggelar Dialog Umrah 2018 di Pondok Pesantren Terpadu Daarul Muttaqien Surabaya, Jawa Timur, Minggu (29/4/2018). Foto SINDO Weekly
A+ A-
SURABAYA - Pondok Pesantren Terpadu Daarul Muttaqien Surabaya, Jawa Timur tampak berbeda dari biasanya pada Minggu (29/4/2018). Dimana Ratusan calon jamaah Umrah terlihat sedang mengikuti acara “Dialog Umrah 2018” yang diselenggarakan SINDO Weekly bekerjasama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Acara ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan mengenai Ibadah Umrah agar para jamaah tidak tertipu oleh travel–travel nakal yang sedang marak terjadi saat ini.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Machsun Zain, meminta masyarakat yang akan berangkat ibadah umrah untuk benar-benar memperhatikan Lima Pasti. Hal ini agar tidak menjadi korban penipuan biro perjalanan umroh.



"Perhatikan Lima Pasti. Pertama, pastikan biro travel umrah yang memberangkatkan memiliki izin resmi dari Kementerian Agama,” tegasnya. Bagaimana cara memastikannya? Mudah saja. Hal itu dapat dilakukan dengan mengakses aplikasi dan website yang telah disediakan Kementerian Agama (Kemenag). "Sekarang jaman gadget. Bisa dicari dan didownload Aplikasi Umrah Cerdas. Di situ, ada daftar penyelenggara resmi pemerintah," jelasnya.

Pasti Kedua, masyarakat yang hendak berangkat umrah harus memastikan tanggal keberangkatan dan maskapai penerbangan yang disediakan oleh biro travel tersebut.

Artinya, apabila travel itu sesuai aturan, maka untuk jadwal dan tiket sudah disiapkan dan dicantumkan. “Jadi, patut diwaspadai ketika daftar sekarang, tapi diberangkatkan tahun depan. Kenapa? Umrah beda dengan haji. Umrah kuotanya tak terbatas. Daftar sekarang, minggu depanpun bisa berangkat,” terang Machsun.

Dia menambahkan, sejak mendaftar umrah, untuk penundaan keberangkatan itu paling lama 6 bulan. “Setelah mendaftar umrah, paling lama enam bulan harus sudah berangkat,“ tegasnya mengingatkan.

Ketiga, pastikan sudah mengetahui lokasi hotel saat berada di tanah suci. Sesuai aturan Kemenag, travel harus menyediakan fasilitas minimal hotel bintang tiga. Kemudian, dalam satu kamar itu, tidak boleh lebih dari empat orang.

Pasti keempat, masyarakat harus memastikan harga yang ditawarkan travel. Masyarakat jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan travel. Kemenag menetapkan biaya standar referensi keberangkatan umrah sebesar Rp20 juta.

“Ketetapan ini untuk meminimalisir penipuan biro perjalanan umrah berkedok biaya murah, kalau dapat paket Umrah lebih dari Rp20 juta silahkan saja yang penting sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh travel " ujarnya.

Kelima, pastikan kondisi kesehatan dalam bentuk prima, karena ibadah umrah adalah ibadah fisik. "Jadi pastikan bapak dan ibu sekalian dalam kondisi siap ibadah umrah dan pulang sehat selamat sampai tujuan,” timpalnya.

Machsun mengatakan, program Lima Pasti bertujuan untuk membuat masyarakat mendapatkan ibadah yang aman, nyaman dan sehat saat umrah. Kemenag, sangat menginginkan masyarakat dapat khusu’ menjalani ibadah, aman, nyaman dan tanpa harus ada gangguan sedikitpun.

“Jadi masyarakat harus benar-benar memperhatikan Lima Pasti ini. Kita sudah lelah lihat berita jamaah tertipu karena tidak jadi berangkat dan uangnya lenyap," tuturnya.

Turut tampil sebagai pembicara, KH Ahmad Sofwan, Pengasuh Pesantren Terpadu Daarul Muttaqien Surabaya Jawa Timur. Selain itu, juga ada Dokter Ade Linda dari dokter Kimia Farma dan Muhammad Iqbal dari PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia).

Dalam paparannya, KH Ahmad Shofwan sangat mendukung program Lima Pasti yang dilakukan Kemenag. Menurutnya, jamaah yang mau menunaikan ibadah umrah, memang harus ekstra berhati-hati. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan travel. Ingat, Kemenag menetapkan biaya standar referensi keberangkatan umrah sebesar Rp20 juta.

“Jadi kalau ada biro perjalanan umrah dengan biaya lebih murah dari harga referensi, maka jamaah harus waspada. Bersikap hati-hati ini bagian dari ibadah juga,” imbuhnya.

Hal senada dilontarkan Iqbal. Selain bicara tentang ibadah umrah, Iqbal pun mengingatkan tentang ibadah wakaf. Wakaf merupakan pilihan menyalurkan kebaikan manusia dan salah satu cara memperbesar manfaat sesuai kemampuan dan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sementara dari sisi kesehatan, Ade mengatakan, agar umrah aman dan nyaman, masalah kesehatan jangan diabaikan. Ibadah umrah adalah ibadah fisik yang memerlukan kesehatan, Jemaah yang merasa kesehatan kurang prima hendaknya berkonsultasi dengan dokter,

“Jamaah wajib mengonsumsi makanan sehat. olahraga teratur sesuai kemampuan dan ada baiknya konsumsi suplemen meningkatkan kekebalan imunitas tubuh. “Fituno produk suplemen herbal meningkatkan kekebalan imunitas tubuh, menjaga tubuh tetap sehat dan fit dan membantu mempercepat proses penyembuhan,” tandas Ade.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak