5 Penyebab Kuku Berwarna Kuning, Bisa Jadi Pertanda Diabetes

Kamis, 18 Januari 2024 - 10:05 WIB
loading...
5 Penyebab Kuku Berwarna Kuning, Bisa Jadi Pertanda Diabetes
Kuku Anda berubah kekuningan? Anda harus waspada. Bisa jadi diabetes. Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Kuku Anda berubah menjadi kekuningan? Anda harus waspada. Kuku berwarna kuning dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Faktor eksternal yang menyebabkannya bisa jadi Anda terlalu sering menggunakan cat kuku terlalu lama. Sementara, beberapa penyakit juga bisa membuat kuku Anda berubah warna menjadi kekuningan.



Lantas, apa saja penyebab kuku berwarna kuning? Berikut penjelasannya seperti yang dilansir Health, Kamis (18/1/2024).

Penyebab Kuku Berwarna Kuning

1. Infeksi jamur

Menjaga kebersihkan tidak selalu tentang mandi, membersihkan kuku Anda juga menjadi bagian dari kebersihan diri lho. Jamur pada kuku dapat timbul ketika Anda lalai dalam membersihkan dan merawat kuku. Kuku yang terkena infeksi jamur biasanya ditandai dengan perubahan warna kekuningan, kuku menjadi tebal, hingga menjadi mudah rapuh atau copot.

2. Kebiasaan merokok

Perokok aktif biasanya lama kelamaan kukunya berubah menjadi kuning. Hal ini disebabkan dari kandungan nikotin dan tar yang ada pada rokok. Biasanya kuku juga bersentuhan dengan asap tembakau sehingga menjadi kekuningan. Selain itu, kurangnya vitamin B12 juga perlahan-lahan membuat warna kuku berubah.

3. Penggunaan cat kuku

Penggunaan cat kuku, terlebih yang berwarna gelap dapat meninggalkan bekas berwarna kuning pada kuku. Apalagi jika Anda menggunakan cat kuku dengan waktu yang lama, noda kekuningan akan semakin pekat dan membutuhkan waktu cukup lama untuk menghilangkannya. Jika ingin mengganti warna cat kuku, sebaiknya berikan jeda seminggu.


4. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi autoimun kronis yang menyebabkan bercak kulit meradang. Ternyata penyakit ini juga bisa menyebabkan perubahan warna kuku menjadi kuning lho. Awalnya di bagian kuku terdapat bercak putih atau kekuningan, lama kelamaan kondisi tersebut dapat terjadi ke seluruh bagian kuku.

5. Diabetes

Penyakit diabetes terjadi ketika glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi karena rendahnya hormon insulin dalam tubuh. Penyakit diabetes juga berkaitan pada infeksi jamur pada kuku. Penyandang diabetes rentan terhadap infeksi jamur, sehingga membuat kuku menjadi tebal dan berubah menjadi kuning.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)