Timnas Malaysia Dicap Tak Siap Tampil di Piala Asia 2023 usai Dibantai Yordania

Rabu, 17 Januari 2024 - 16:01 WIB
loading...
Timnas Malaysia Dicap Tak Siap Tampil di Piala Asia 2023 usai Dibantai Yordania
Timnas Malaysia Dicap Tak Siap Tampil di Piala Asia 2023 usai Dibantai Yordania
A A A
KUALA LUMPUR - Legenda sepak bola Malaysia, Dollah Salleh menganggap Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- belum siap tampil di Piala Asia . Sebab, menurutnya Malaysia masih membutuhkan banyak pengalaman untuk tampil di kompetisi tertinggi.

Malaysia memulai Piala Asia 2023 dengan performa mengecewakan. Sebab, Harimau Malaya harus menelan kekalahan 0-4 dari Yordania di Al Janoub Stadium, Selasa (16/1/2024).

Pada babak pertama, Yordania berhasil memimpin tiga gol melalui Mahmoud Al-Mardi (12', 32') dan Musa Al-Taamari (18'P). Kemudian menjelang akhir babak kedua, Musa Al-Taamari (85') mencetak gol keduanya untuk Yordania.



Kekalahan dari Yordania membuat Malaysia mendapatkan kritikan dari berbagai pihak, salah satunya Dollah Salleh. Menurutnya tim besutan Kim Pang-gon itu belum siap untuk tampil di Piala Asia karena tak memiliki banyak pengalaman untuk tampil menghadapi tim-tim hebat di Asia.

"Ini pertama kalinya Harimau Malaya lolos ke Piala Asia (berdasarkan prestasi) selama lebih dari 40 tahun, dan mungkin kami membutuhkan lebih banyak pengalaman di level ini,” kata Dollah Salleh dikutip dari New Straits Times, Rabu (17/1/2024).

Lebih lanjut, Dollah Salleh mengatakan Yordania bisa mendapatkan kemenangan karena memiliki pengalaman tampil lebih banyak di Piala Asia. Meski demikian, ia menilai Malaysia sudah tampil mendominasi jalannya pertandingan di babak kedua tetapi tak mampu mendapatkan gol.

"Jordan menggunakan pengalaman mereka untuk mengalahkan kami. Tetapi sisi positifnya, kami menguasai antara 60 dan 70 persen permainan di babak kedua. Sayangnya, kami tidak mampu mengubah penguasaan bola menjadi gol,” ujarnya.

Sementara pelatih veteran Malaysia, Irfan Bakti menilai Harimau Malaya tidak memilih lawan dengan level tinggi untuk persiapan Piala Asia 2023. Bahkan, ia merasa kecewa dengan batalnya laga uji coba menghadapi Arab Saudi.

“Dari apa yang saya lihat, kami tidak memainkan cukup banyak pertandingan melawan tim-tim yang memiliki peringkat lebih tinggi untuk mempersiapkan kompetisi. Saya sebenarnya sangat kecewa ketika Arab Saudi memutuskan untuk membatalkan pertandingan persahabatan melawan kami pada 4 Januari," ucapnya.

Usai menelan kekalahan dari Yordania, Malaysia akan mencoba bangkit di pertandingan berikutnya. Mereka akan melawan Bahrain di laga kedua Grup F Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar pada Sabtu (20/1/2024).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2989 seconds (0.1#10.140)