Hasilkan 7 Poin, MUI Bersama Majelis Majelis Agama Suarakan Pemilu Damai

Selasa, 16 Januari 2024 - 21:05 WIB
loading...
Hasilkan 7 Poin, MUI Bersama Majelis Majelis Agama Suarakan Pemilu Damai
MUI menggelar Silaturahmi Nasional Ormas Islam dan Majelis Majelis Agama di Jakarta, Selasa (16/1/2024). Dalam kegiatan ini MUI menyuarakan untuk Pemilu damai. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Silaturahmi Nasional Ormas Islam dan Majelis Majelis Agama di Jakarta, Selasa (16/1/2024). Dalam kegiatan ini MUI menyuarakan untuk Pemilu damai.

"Selaras dengan tema yang kami usung, silaturahim ini untuk menciptakan Pemilu yang damai, jujur, adil, dan bermartabat," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis.

Kiai Cholil juga menegaskan, MUI telah memutuskan untuk aktif mengawal Pemilu 2024 nanti, dalam kapasitasnya sebagai kekuatan civil society.

"Alhamdulillah dan syukur kepada Allah, pimpinan harian telah memutuskan untuk aktif mengawal Pemilu yang jujur, adil, damai, dan bermartabat sebagai bagian dari siyasah dauliyah," ucapnya.



Penerima gelar doktoral PhD cemerlang dari University Of Malaya tersebut juga mengungkapkan langkah nyata yang akan dilakukan.

"Oleh karena itu, langkah kita adalah menggalang kerja sama antarumat beragama dan ormas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat menjelang Pemilu mendatang," tutur dia sembari menambahkan pentingnya sosialisasikan hak pilih, jaga perdamaian, dan hindari permusuhan menjelang pemilihan.

"Dengan tekad bulat, kita berkomitmen untuk mensosialisasikan penggunaan hak pilih sesuai hati nurani, sekaligus bersama-sama menjaga pemilu mendatang, dengan tujuan meredam konflik horizontal dan mendukung pelaksanaan pemilu yang baik, lancar, dan sukses," ujar dia.

Lebih lanjut, Kiai Cholil juga menyebut Pancasila khususnya sila pertama menjadi landasan dalam pergerakan.

"Berangkat dari ajaran agama, kita mendukung nilai-nilai keagamaan berdasarkan Pancasila, khususnya sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, yang menjadi landasan pembinaan umat. Hal ini merupakan kontribusi kita bagi bangsa dan negara," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)