KNKT Belum Bisa Pastikan Penyebab Jatuhnya Helikopter PT IMIP

Sabtu, 21 April 2018 - 22:15 WIB
KNKT Belum Bisa Pastikan Penyebab Jatuhnya Helikopter PT IMIP
KNKT Belum Bisa Pastikan Penyebab Jatuhnya Helikopter PT IMIP
A A A
KENDARI - TIM Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), hingga kini belum bisa memastikan penyebab jatuhnya helikopter jenis Bell 249 Ranger di kawasan PT IMIP, Jumat pagi kemarin.

Dalam konferensi pers, Sabtu (21/04/2018) sore, Ketua Tim KNKT, Nurcahyo Utomo mengatakan, pihaknya bersama tim dari Dirjen Perhubungan Udara dan White sky aviation (WSA), pemilik dan operator helikopter tersebut sudah melakukan investigasi.

"Seluruh badan pesawat, termasuk mesin, baling-baling, rotor, sistem komputer sudah diperiksa. Namun, penyebab kecelakaan belum bisa disimpulkan," jelas Nurcahyo.

Menurut nurcahyo, pihaknya baru bisa mengetahui penyebab kecelakaan setelah mendapatkan informasi dari kotak hitam helikopter, yang kini sudah diamankan.

Kotak hitam itu, kata nurcahyo, akan dibawa ke Jakarta, untuk diteliti di kantor KNKT. "Proses investigasi kotak hitam tersebut bisa memakan waktu selama kurang lebih enam bulan," kata Nurcahyo.

Sementara itu, ketua tim WSA, Bambang Soekamto mengungkapkan, helikopter Bell 249 ranger, buatan tahun 2014, jadi usia pesawat kurang lebih baru 3 tahun. Terhitung sejak tahun 2015, pesawat tersebut dicarter oleh PT IMIP.

"Selama ini tak pernah ada kendala dalam pengoperasian pesawat itu. Proses Maintenance juga teratur dan normal. Maintenance helikopter itu dilakukan setiap 50 jam penerbangan," ungkap Bambang.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5393 seconds (0.1#10.140)