Bonita Direlokasi ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera

Sabtu, 21 April 2018 - 17:13 WIB
Bonita Direlokasi ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera
Bonita Direlokasi ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera
A A A
PEKAN BARU - Harimau Bonita sudah dievakuasi dari lokasi PT THIP (Tabung Haji Indo Plantation) Kecamatan Pelanggiran Kabupaten Inhil, Riau. Saat ini harimau pemangsa dua manusia akan direlokasi ke Sumatera Barat (Sumbar).

Bonita hari ini sudah dalam perjalanan dari Riau ke Propinsi Sumatera Barat dengan jalur darat. Harimau Sumatera ini akan dititipkan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Yayasan Arsari Djodjohadikusumo.

"Sore ini diperkirakan harimau Bonita akan sampai di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera," ucap Direktur Eksekutif Yayasan Asyari, Catrini Pratihari Kubontubuh dalam jumpa persnya di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sabtu (21/4/2018).

Dia mengatakan, selama di perjalanan Bonita didampingi oleh dua dokter hewan yang sudah berpengalaman dalam penanganan harimau Sumatera. Selama dalam perjalanan, Bonita masih dalam pengaruh obat bius.

"Kita perkirakan tiga hari setelah penembakan pengaruh biusnya akan hilang total," imbuhnya.

Dia menyatakan, selama dalam pengejaran Bonita, beberapa orang dari Yayasan Ashari sudah bergabung dengan TNI, Polri dan berbagai LSM termasuk salah satunya adalah tim medis.

"Kita akan terus pantau terus kesehatan Bonita," imbuhnya.

Bonita ditangkap tim gabungan kemarin sore. Bonita sudah empat bulan dicari karena sering muncul ke pukiman dan sudah menewaskan dua warga. Munculnya Bonita disebabkan karena kerusakan hutan Suaka Margasatwa Kerumutan.

Di mana salah satu penyebabnya karena lahan untuk harimau sudah beralih fungsi menjadi kebun sawit dan Hutan Tamanan Industri (HTI) untuk bahan baku pabrik kertas dan pulp di Riau.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9406 seconds (0.1#10.140)