Dispar Banten Kemas Ajang Seba Baduy Jadi Paket Wisata Lengkap

Jum'at, 20 April 2018 - 13:51 WIB
Dispar Banten Kemas Ajang Seba Baduy Jadi Paket Wisata Lengkap
Dispar Banten Kemas Ajang Seba Baduy Jadi Paket Wisata Lengkap
A A A
SERANG - Ajang budaya Seba Baduy yang dihelat di Kota Serang mulai hari ini, Jumat (20/4/2018) sampai Minggu 22 April 2018 dikemas menjadi paket wisata lengkap oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten. Tidak hanya even seba saja yang bisa dinikmati, potensi alam Banten dan wisata sejarahnya menjadi paket lengkap bagi wisatawan ketika turut serta dalam prosesi budaya tahunan itu.

Kepala Dispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengungkapkan, potensi pariwisata Provinsi Banten sangat besar dan lengkap. Baik wisata bahari, wisata alam hingga wisata sejarah yang dibalut dengan budaya yang sangat kaya.

Dengan Festival Exciting Banten on Seba Baduy, pihaknya akan mengangkat itu semua dan mengemasnya dengan baik. Apalagi selama ini Banten menjadi tujuan warga Jakarta untuk berwisata. Bukan hanya jaraknya yang dekat, tetapi juga pesonanya yang luar biasa.

Apalagi Banten memiliki beberapa pantai yang menarik. Di antaranya Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Karang Bolong, Pantai Sawarna, serta kawasan Tanjung Lesung.

“Deretan pantai ini selalu menjadi pilihan warga ibu kota untuk berwisata. Bahkan Pantai Sawarna merupakan salah satu spot favorit untuk berolahraga surfing karena ombaknya cukup baik,” kata Eneng dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Jumat (20/4/2018).

Eneng juga mengungkapkan bahwa Banten mempunyai beberapa pulau yang sangat cantik. Sebut saja Pulau Tunda dengan panoramanya yang rupawan, Pulau Sangiang yang begitu eksotis, atau Pulau Dua yang menjadi persinggahan burung-burung langka dari berbagai belahan dunia.

Belum lagi, lanjut Eneng, gunung api fenomenal yakni Gunung Anak Krakatau yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Gunung yang juga menjadi bagian dari Provinsi Lampung itu pernah menghebohkan dunia dengan letusannya. Letusan yang dirasakan diberbagai benua dan ikut mempengaruhi iklim dunia.

Selain itu, Provinsi Banten juga memilik Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional ini menjadi rumah terakhir bagi badak bercula satu yang sangat langka. Bukan itu saja, Provinsi Banten juga memiliki banyak peninggalan cagar budaya masa lalu yang terhampar dari Tangerang Selatan hingga Banten Lama.

“Banten merupakan salah satu kota pelabuhan tertua di Pulau Jawa. Jadi banyak situs-situs bersejarah, seperti Benteng Speelwijk, Keraton Kaibon, Masjid Agung Banten, Vihara Avalokitesvara, Keraton Surosawan, serta Museum Situs Purbakala Kerajaan Banten,” ujar Eneng.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0487 seconds (0.1#10.140)