5 Negara Timur Tengah dengan Militer Terkuat, Israel Bukan Teratas

Senin, 15 Januari 2024 - 15:01 WIB
loading...
5 Negara Timur Tengah dengan Militer Terkuat, Israel Bukan Teratas
Ada lima negara Timur Tengah dengan militer terkuat dan Israel bukan yang teratas. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada banyak negara Timur Tengah yang memiliki kekuatan militer mumpuni. Status ini tak terlepas dari kondisi kawasan yang terus-menerus dilanda perang.

Sebagai informasi, Timur Tengah merupakan sebutan tak resmi terhadap negara-negara yang secara geografis berada di titik pertemuan Asia, Afrika, dan Eropa. Sejalan dengan konsep itu, tidak ada daftar pasti mengenai negara-negara Timur Tengah.

Kendati demikian, ada yang menganggap Mesir, Turki, hingga Siprus sebagai bagian dari Timur Tengah. Jika pengelompokannya demikian, negara mana yang memiliki kekuatan militer paling kuat di Timur Tengah?

Negara Timur Tengah dengan Militer Terkuat

1. Turki


Kekuatan militer Turki menempati posisi teratas dalam pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2024 untuk kawasan Timur Tengah. Kondisi ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat statusnya yang juga dikenal sebagai salah satu anggota NATO.

Selain paling unggul di kawasan Timur Tengah, kekuatan militer Turki berada di posisi ke-8 untuk pemeringkatan dunia. Ia memiliki skor power indeks sebesar 0,1697.

Turki tercatat memiliki 355.200 personel aktif, 378.700 tentara cadangan, serta 150.000 paramiliter. Di sektor Angkatan Darat, negara ini memilik8i 2.231 tank, 55.104 kendaraan lapis baja, dan ribuan artileri.

Angkatan Laut Turki mempunyai 16 kapal fregat, 12 kapal selam, 9 korvet, 34 kapal patroli, dan 11 mine warfare.

Sedangkan Angkatan Udara-nya memiliki 205 pesawat tempur, 275 pesawat latih, 83 pesawat angkut, 22 pesawat misi khusus, dan ratusan helikopter.

2. Iran


Iran juga memiliki kekuatan militer yang disegani negara-negara dunia, termasuk Amerika Serikat. Negara dengan penduduk mayoritas Muslim ini menjadi salah satu nama besar dalam hal kekuatan militer kawasan Timur Tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)