Topindoku, Startup Karya Anak Bangsa Jadi Solusi Digitalisasi UMKM

Senin, 15 Januari 2024 - 08:51 WIB
loading...
Topindoku, Startup Karya Anak Bangsa Jadi Solusi Digitalisasi UMKM
Topindoku hadir sebagai solusi untuk membantu UMKM di pasar tradisional agar bisnis mereka bisa bersaing di era pasar modern. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. MNC Sekuritas kembali berperan sebagai penjamin emisi efek bersifat ekuitas di Bursa Efek Indonesia. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Di tahun 2023 lalu, UMKM menyumbang 61% dari PDB nasional dan 97% penyumbang lapangan pekerjaan.

Sebagai tulang punggung ekonomi, UMKM memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan distribusi pendapatan di seluruh nusantara. Namun, meskipun memiliki peran strategis, UMKM juga menghadapi sejumlah hambatan yang perlu diatasi agar dapat berkembang secara optimal.



Salah satu hambatan yang dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan akses terhadap teknologi terkini. Masih banyak UMKM lokal, terutama di daerah yang masih menghadapi tantangan terkait keterbatasan keterampilan dan akses terhadap teknologi.

Banyak pelaku UMKM di daerah belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang perkembangan teknologi. Kurangnya literasi digital dan pemahaman terhadap manfaat teknologi menghambat UMKM untuk mengintegrasikan solusi teknologi dalam proses bisnis mereka.

Guna mengatasi problem ini, PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) hadir sebagai solusi untuk membantu UMKM di pasar tradisional agar bisnis mereka bisa bersaing di era pasar modern, sehingga dapat meningkatkan dan menghasilkan kehidupan yang lebih baik.

Start Up yang berbasis di Kalimantan Barat ini berfokus pada pemberdayaan UMKM melalui platformnya, yaitu Topindoku. Topindoku menyediakan solusi yang mengintegrasikan teknologi untuk berbagai keperluan proses bisnis UMKM mulai dari layanan penjualan produk digital, pemesanan dan pengiriman stok barang dagangan, pencatatan transaksi keuangan, PoS, dan lain-lain yang dilakukan dalam satu platform saja.

Dalam rangka melebarkan bisnis dan layanannya, saat ini TOSK tengah mengambil langkah besar dengan menggelar proses IPO yang telah direncanakan sejak tahun 2023 lalu. Perseroan telah menunjuk PT MNC Sekuritas dan PT Erdikha Elit Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Saat ini, TOSK telah memperoleh ijin publikasi dari Otoritas Jasa Keuangan dan akan memulai masa penawaran awal (bookbuilding) pada hari Senin, 15 Januari 2024 sampai 19 Januari 2024. Dengan adanya IPO, Perseroan membuka peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat umum, investor, dan pihak terkait lainnya untuk berpartisipasi dalam kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan yang telah berkomitmen untuk memajukan sektor UMKM.



Direktur Utama Perseroan, Seiko Manito, menyatakan, "Kami sangat antusias dengan langkah besar ini, menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai Startup pertama asal Kalimantan Barat yang akan segera mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Indonesia (BEI). IPO kami bukan hanya tentang perkembangan perusahaan, tetapi juga tentang memberdayakan UMKM. Kami percaya bahwa akses modal yang lebih besar akan memungkinkan kami untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada UMKM, memfasilitasi inovasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal."

Direktur Investment Banking PT MNC Sekuritas Hary Herdiyanto optimistis TOSK akan mendapatkan respon yang positif dari para calon investor, dikarenakan TOSK memiliki beberapa faktor positif, antara lain: pertama, TOSK telah memiliki business turnover yang besar dan stabil hingga mencapai Rp2 triliun per tahun dalam 2 tahun terakhir, jaringan bisnis yang luas di wilayah Kalimantan, dan yang tak kalah penting adalah visi sociopreneur TOSK untuk memajukan UMKM di Indonesia melalui digitalisasi proses bisnis, yang bisa memberikan nilai tambah lebih dari sisi sosial.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)