Komiten Jaga Persatuan Indonesia, Cawapres Mahfud MD: Sama seperti Partai Perindo

Minggu, 14 Januari 2024 - 06:36 WIB
loading...
Komiten Jaga Persatuan Indonesia, Cawapres Mahfud MD: Sama seperti Partai Perindo
Cawapres Mahfud MD berkomitmen menjaga persatuan Indonesia saat menghadiri Sholawat Kebangsaan di Lamongan, Jawa Timur. Foto/MPI/iqbal dwi purnama
A A A
LAMONGAN - Calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD berkomitmen menjaga persatuan Indonesia. Hal tersebut merupakan upaya untuk menjaga kekokohan ideologi negara.

Mahfud menyinggung, tujuan tersebut juga sesuai akronim Partai Perindo yang dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo (HT), yaitu Partai Persatuan Indonesia.

"Apa yang ingin saya lakukan, kalau dari sudut politik saya ingin menjaga kekokohan ideologi negara kita Pancasila untuk menguatkan persatuan Indonesia. Kebetulan namanya sama dengan Perindo, Partai Persatuan Indonesia," ujar Mahfud MD dalam acara Sholawat Persatuan Indonesia di Lamongan, Minggu (14/1/2024).



Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini menjelaskan persatuan Indonesia merupakan komponen penting dalam pembangunan negara kedepannya. Baik pembangunan ekonomi, sosial, maupun budaya Indonesia.



"Persatuan Indonesia itu sangat penting, ndak usah terjebak dalam pikiran-pikiran untuk mengganti dasar ideologi negara. Itu sudah tidak mungkin karena itu sudah dilakukan sejak puluhan tahun," sambung Mahfud.

Mahfud menceritakan, sejak Indonesia merdeka, sudah ada beberapa upaya gerakan untuk menggeser ideologi negara Pancasila. Mahfud menyebutkan, semisal Gerakan 30S/PKI, pemberontak DI/TII, Permesta, dan lainnya. Namun upaya itu tetap tidak berhasil untuk menggeser ideologi negara.

"Karena Pancasila itu adalah sebuah ideologi yang sudah teruji. Oleh sebab itu tugas saya yang paling pokok kalau di bidang politik adalah menjaga keutuhan ideologi," tutupnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)