Pertama Kali, Perindo Kota Semarang Gelar Psikotes Bacaleg

Minggu, 15 April 2018 - 14:43 WIB
Pertama Kali, Perindo Kota Semarang Gelar Psikotes Bacaleg
Pertama Kali, Perindo Kota Semarang Gelar Psikotes Bacaleg
A A A
SEMARANG - DPD Partai Perindo Kota Semarang menggelar psikotes untuk menyaring bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Psikotes ini merupakan inovasi baru fan baru pertama kali digelar oleh Partai Perindo di seluruh Tanah Air.

"Ini (psikotes bagi bacaleg) merupakan inovasi kita, pertama kali digelar. Kebijakan ini sengaja dilakukan DPD Perindo Kota Semarang, untuk memperoleh bacaleg yang berkualitas," kata Ketua DPD Partai Perindo Kota Semarang, Minggu (15/4/2018).

Menurutnya, psikotes ini hasilnya bisa dipertanggungjawabkan karena digelar oleh pihak independen dari lembaga berkompeten. Para peserta akan mengikuti empat jenis psikotes yakni kemampuan umum, kinerja, kepribadian, dan interview (wawancara).

Terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui setiap bacaleg mulai pendaftaran hingga psikotes. Kemudian, tahapan selanjutnya ada pembekalan politik bagi bacaleg yang akan memerebutkan kursi DPRD Kota Semarang.

"Untuk psikotes kali ini diikuti oleh 37 bacaleg, dari jumlah pendaftar 64 orang. Dari setiap tahapan itu memang dilakukan screening (penyaringan) makanya tinggal sisa segitu. Pendaftaran untuk gelombang pertama ini memang kita batasi jumlahnya agar tidak membludak," terangnya.

Beny juga mengatakan, akan membuka pendaftaran bacaleg gelombang II yang dimulai awal Mei mendatang. Langkah itu dilakukan untuk mempersiapkan jumlah kuota yang akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 50 Bacaleg.

"Kita nanti akan daftarkan sebanyak 50 bacaleg, ini sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Kota Semarang. Untuk pendaftaran ke KPU nanti pada Juni. Jadi kita masih punya waktu satu bulan untuk melakukan penjaringan dan penyaringan bacaleg untuk gelombang II," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3665 seconds (0.1#10.140)