Panen Melimpah, Warga Kuningan Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Sabtu, 14 April 2018 - 09:12 WIB
Panen Melimpah, Warga Kuningan Gelar Tradisi Sedekah Bumi
Panen Melimpah, Warga Kuningan Gelar Tradisi Sedekah Bumi
A A A
KUNINGAN - Sebagai bentuk syukur hasil panen bumi yang melimpah, warga Desa Cikeleng, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menggelar tradisi sedekah bumi, Sabtu (14/4/2018) pagi. Sejumlah warga mengarak hasil bumi dan makanan dengan berjalan kaki sejauh dua kilometer.

Selain menggelar sedekah bumi, warga juga memperingati Isra Mikraj. Kaum perempuan wajib membawa tetenong yang berisi makanan. Sementara, kaum laki laki membawa boboko berisi makanan yang nantinya akan dibawa ke tempat acara.

Tradisi yang digelar setahun sekali ini sebagai bentuk syukur atas melimpahnya hasil panen tahun ini. Arak-arakan warga yang membawa hasil bumi berakhir di sebuah TPU Cikeleng. Seusai doa, makanan yang dibawa warga dibagikan dan nantinya disantap bersama-sama.

Salah seorang warga, Lilis, mengaku sangat senang dengan adanya tradisi yang selalu digelar setahun sekali. Tradisi ini merupakan bentuk syukur atas melimpahnya hasil panen tahun ini.

Sementara, Kepala Desa Cikeleng Rohendi mengatakan sebelum melakukan tradisi hasil bumi ini warga sudah menyembelih kerbau untuk dibagikan ke warga.

Diharapkan tradisi wujud syukur ini terus dilestarikan khususnya pada generasi muda. Karena, tradisi sedekah bumi merupakan bagian dari pelestarian budaya Sunda serta simbol kebersamaan antarwarga setempat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6442 seconds (0.1#10.140)