Pertamina Hulu Rokan Berangkatkan Dua Putri Asal Riau Tempuh S2 di AS

Jum'at, 12 Januari 2024 - 21:42 WIB
loading...
Pertamina Hulu Rokan Berangkatkan Dua Putri Asal Riau Tempuh S2 di AS
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) memberangkatkan dua putri menempuh pendidikan magister (S2) Jurusan Petrotech di Texas A&M University, Amerika Serikat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) memberangkatkan dua putri kelahiran Pekanbaru, Riau, yakni Tasya Ulfa Yusianda dan Bunga Fitri Sartika untuk menempuh pendidikan magister (S2) Jurusan Petrotech di Texas A&M University, Amerika Serikat (AS). Tasya akan menempuh bidang Master in Science Chemical Engineering dan Bunga di Master in Science Geology.

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan keduanya terpilih dari 185 putra-putri terbaik Riau yang mendaftar lewat jalur Beasiswa Prestasi PHR.

"Tasya dan Bunga telah melalui berbagai tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, tes potensi akademik (TPA), wawancara latar belakang peserta, dilanjutkan dengan mentoring dan coaching (pelatihan) dari pekerja PHR dan membuat proposal terkait gagasan soal minyak dan gas, hingga tahap akhir yakni presentasi konsep pemikirannya soal migas di depan para ahli," ujarnya.



Keberangkatan Tasya dan Bunga ke AS dilepas kedua orang tua dan keluarganya di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Senin (8/1/2024). Rudi berpesan kepada Tasya dan Bunga supaya memanfaatkan beasiswa yang diberikan dengan membawa hasil yang maksimal, mulai dari prestasi dan relasi untuk menunjang pembangunan negeri ini.

"Kalian adalah kebanggaan bahkan representasi PHR dan Riau. Jadi, jangan menyia-nyiakan beasiswa yang diraih ini. Bawa prestasi dan bangun relasi dengan banyak orang hebat di sana untuk pengembangan diri kalian. Dengan begitu, kalian dapat kembali ke Riau dan siap untuk menjadi agen pembangunan negeri ini," katanya.

Sebelum berangkat, menurut Rudi, keduanya telah mendapat pendampingan dari Pertamina Foundation sebagai mitra pelaksana program Beasiswa Prestasi PHR, mulai dari pendaftaran universitas dan pengenalan budaya, pendampingan IELTS, tes GRE, hingga memperoleh letter of acceptance (LOA) dan form i-20 untuk memperoleh visa pelajar (visa F-1).

Selain itu, lanjutnya, mereka juga dibantu untuk berkoordinasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Amerika Serikat terkait akomodasi dan transportasi selama berkuliah di negeri Paman Sam tersebut.

Ibunda Bunga, Lusi Gustina berpesan agar putrinya memaksimalkan beasiswa yang diberikan PHR dengan berprestasi dan kembali untuk membangun Ibu Pertiwi, khususnya kampung halaman, Riau.

"Raih ilmu dan pengalaman positif sebanyak-banyaknya di sana (Amerika Serikat), karena ketika terpilih, kamu punya tanggung jawab besar untuk bisa menjadi kebanggaan. Tidak hanya kebanggaan orang tua, tetapi juga pemberi beasiswa yakni PHR dan juga Provinsi Riau," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)