Emil Datang, Warga Gili Ketapang Keluhkan Sulitnya Izin Wisata

Minggu, 08 April 2018 - 14:07 WIB
Emil Datang, Warga Gili Ketapang Keluhkan Sulitnya Izin Wisata
Emil Datang, Warga Gili Ketapang Keluhkan Sulitnya Izin Wisata
A A A
PROBOLINGGO - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengunjungi Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Setelah turun dari dermaga, Emil beserta istrinya, Arumi Bachsin terlihat naik motor menyusuri jalan setapak menuju pantai berpasir putih yang ada di sisi utara.

“Pemandangannya bagus, pantainya berpasir putih. Anugerah sangat sangat luar biasa bagi kekayaan alam di Indonesia,” ujar Arumi begitu tiba di pantai Gili Ketapang, Minggu (8/4/2018).

Melihat kehadiran Emil dan Arumi, ratusan wisatawan yang berkunjung pun meminta foto bareng. Mereka pun terlihat antusias, meski suasana begitu terik. Para warga pun ikut menyampaikan pesan serta keluhan pada calon pemimpinnya.

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gili Ketapang Nur Jailani mengeluhkan tak kunjung dikeluarkannya Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dari Pemprov Jatim. Padahal, izin tersebut sudah diajukan setahun yang lalu. “Tapi kenapa ya kok hanya diberi janji-janji saja sampai sekarang,” ujarnya.

Dia melanjutkan, sejak mulai dirintis dua tahun silam, belum ada satu pun bantuan untuk memajukan pulau tersebut. Padahal, selain akses jalan yang minim, penerangan dan pembangunan air bersih juga masih kurang. “Terus terang ini semua swadaya kami, untuk bersama sama membangun pariwisata di pulau,” katanya.

Jailani berharap, Pemprov Jatim bisa membantu mempromosikan pariwisata pulau Gili Ketapang agar perekonomian warganya meningkat. Kepedulian pemerintah daerah pada warga di sepanjang jalur pantai memiliki arti yang besar dalam peningkatan kesejahteraan warga. “Tanpa adanya bantuan dari birokrasi, maka kita sulit untuk dikenal, apalagi sampai internasional,” tambahnya.

Padahal, kata Jailani, potensi pariwisata di pulau tersebut sangat menarik. Selain pantai berpasir putih, wisatawan juga disuguhi pemandangan bawah laut ketika snorkling. Potensi besar itu tentu bisa terus dikembangkan dengan baik.

“Kalau snorklimg bisa melihat ikan badut seperti Nemo. Disamping itu kita juga menawarkan pemandangan sunset yang menarik,” tambahnya.

Sementara itu, Emil Dardak berjanji akan memperbaiki pengelolaan pariwisata di pulau Gili Ketapang, jika kelak Khofifah-Emil terpilih memimpin Jatim. “Memang dibutuhkan inovasi untuk mengembangkan pariwisata di sini,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6701 seconds (0.1#10.140)