Gunung Sinabung Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Km

Jum'at, 06 April 2018 - 23:05 WIB
Gunung Sinabung Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Km
Gunung Sinabung Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Km
A A A
MEDAN - Gunung Api Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 5 kilometer (km).

"Erupsi tadi terjadi sekitar pukul 16.07 WIB," ujar petugas Pos PGA Sinabung Armen Putra, Jumat (6/4/2018) malam.

Dia menjelaskan bahwa saat erupsi Gunung Sinabung terjadi, awan panas letusan dengan tinggi kolom abu lebih dari 5.000 meter dengan jarak luncur 3.500 meter. "Angin mengarah ke sektor Tenggara-Timur dan Selatan-Tenggara," jelasnya.

Sebagian desa yang terkena dampaknya ada di Desa Tiganderket, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo. "Arah angin ke arah sana, jadi abu sempat ke arah Tiganderket dan sampai saat ini kegempaannya masih ada," ungkapnya.

Melihat status dan tingginya aktivitas Gunung Sinabung saat ini, Armen mengimbau kepada masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar."

Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus, penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran Sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar atau banjir bandang ke hilir.

"Potensi saat ini masih tinggi karena aktivitas Sinabung juga tinggi. Masyarakat juga diimbau untuk menjauhi zona merah tersebut," pungkas Armen.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5943 seconds (0.1#10.140)