Edy Rahmayadi Prihatin Kondisi Kepulauan Nias

Selasa, 03 April 2018 - 22:21 WIB
Edy Rahmayadi Prihatin Kondisi Kepulauan Nias
Edy Rahmayadi Prihatin Kondisi Kepulauan Nias
A A A
GUNUNG SITOLI - Calon Gubernur (cagub) Sumatera Utara (Sumut) nomor urut 1, Edy Ramayadi beserta istri Nawal Lubis dan rombongan menghadiri silaturahmi dengan lintas partai pendukung Eramas di Wisma Soliga, Kota Gunungsitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara.

Kunjungan ke Nias ini merupakan yang keempat. Dua kali saat Pangdam I Bukit Barisan dan satu kali saat dirinya menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Paskostrad).

Edy berkesempatan berdialog dengan para tokoh masyarakat tentang kondisi Kepulauan Nias termasuk di Kota Gunung Sitoli. Salah satu masukan yang disampaikan masyarakat adalah minimnya perhatian pemerintah provinsi kepada pulau terluar tersebut. Hal ini membuat Kepulauan Nias terus tertinggal dari kabupaten/kota lainnya di Sumut.

"Bapak lihat sendiri namanya saja ini Kota tapi jauh tertinggal dengan Kota-kota lain di Sumut. Nias terus terbelakang. Makanya masyarakat Nias berjuang agar menjadi provinsi. Tadi saya bicara sama pak Edy katanya empat kali sudah ke Nias ini, masih seperti ini saja Nias. Betul itu yang dikatakan Pak Edy," ujar Ketua Tim Pemenangan Eramas Kepulauan Nias, Martimus Last, Selasa (3/4/2018).

Edy Rahmayadi mengaku sangat prihatin dengan kondisi masyarakat di Kepulauan Nias. "Saya sudah melihat sendiri dan mendengar tentang kondisi Nias saat ini. Saya pikir wajar ada yang menuntut pemekaran jadi provinsi. Tapi saya tidak membahas itu, karena saya ingin mengangkat kesejahteraan masyarakat Sumut," jelasnya.

Edy menilai, Kepulauan Nias bisa menjadi lokomotif pembangunan di Sumut. "Komoditi banyak tapi perhatian minim. Kalau Pemerintah Provinsi memberi perhatian serius, Kepulauan ini bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota di Sumut," tegas Edy.

Tokoh masyarakat sekaligus pelaku usaha Imanuel Zebua mengatakan, salah satu persoalan yang dihadapi maayarakat Nias adalah rendahnya sumber daya manusia (SDM).

Imanuel berharap jika Edy Rahmayadi terpilih sebagai Gubernur Sumut dapat menyelesaikan persoalan SDM di kepulauan Nias lewat peningkatan pendidikan hingga terciptanya generasi muda yang mumpuni untuk membangun daerahnya.

Sementara itu, Ketua Gerindra Gunung Sitoli, Aroni Zendrato mengaku kehadiran Edy Rahmayadi ke Gunung Sitoli memberikan spirit bagi Tim Pemenangan dan relawan Eramas untuk berjuang memenangkan Eramas pada Pilkada 27 Juni 2017.

"Kami berharap Pak Edy bisa menjadikan Nias sejajar dengan kabupaten kota lain di Sumut. Kami yakin Pak Edy dan Musa Rajekshah bisa mewujudkannya," ujar Zendrato.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7332 seconds (0.1#10.140)