Doa-doa agar Anak Nurut pada Orang Tua

Selasa, 09 Januari 2024 - 14:05 WIB
loading...
Doa-doa agar Anak Nurut pada Orang Tua
Amalan doa agar anak nurut kepada orang tuanya bisa diamalkan secara rutin setiap hari. Doa ini termasuk doa mendidik anak dengan adab dan akhlak mulia. Foto ilustrasi/ist
A A A
Amalan doa agar anak nurut kepada orang tuanya bisa diamalkan secara rutin setiap hari. Doa ini termasuk doa mendidik anak dengan adab dan akhlak mulia yang diamalkan dan disarankan ibu untuk umat muslim yang diberikan oleh Rasulullah SAW.

Doa ini diambil dari surat Al-Imron ayat 83 yang berbunyi:

اَفَغَيْرَ دِيْنِ اللّٰهِ يَبْغُوْنَ وَلَهٗ ٓ اَسْلَمَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ طَوْعًا وَّكَرْهًا وَّاِلَيْهِ يُرْجَعُوْنَ


“Afaghayra dini llahi yabghuna walahu aslama man fis samawati wal ardi taw’an wakarhan wailayhi yurja’un.”

Artinya: Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah lah mereka dikembalikan. (QS Al Imran : 83)

Selain itu ayah dan ibu sebagai orang tua dapat keutamaan zikir setelah salat kepada Nabi Ibrahim AS. Beberapa umat muslim mungkin belum mengetahui bahwa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan Sayidah Sarah dijaga dan dikenyangkan perutnya. Sehingga, ada sebuah doa yang sering dipanjatkan Nabi Ibrahim AS dan berharap dengan dzikir tersebut anak akan diberikan kelembutan hatinya:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ


Robbi hablii minash shoolihiin

Artinya: “Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh”.

Dalam doa ini, orang tua bisa memanjatkan doa untuk memohon keberkahan dan menunjukan Rahmat kepada anak-anaknya sehingga mereka menjadi orang yang saleh.

Ada juga surah lain yang bisa dijadikan tips mendidik anak secara islami sebagai doa untuk membantu anak agar nurut kepada ibunya. Surah Asy-Syuraa ayat 19. Penggalan surah ini bisa diamalkan dan diharpkan dapat memberikan hidayah dan bantuan kepada anak yang sulit mentaati orang tuanya.

ٱللَّهُ لَطِيفٌۢ بِعِبَادِهِۦ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ ۖ وَهُوَ ٱلْقَوِىُّ ٱلْعَزِيزُ


Allāhu laṭīfum bi’ibādihī yarzuqu may yasyā`, wa huwal-qawiyyul-‘azīz

Artinya: “Allah Maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada yang di kehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”

Agar Anak Menurut kepada Ibunya

Ada banyak cara agar anak mentaati orang tua. Terutama taat dalam hal kebaikan, misalnya saja mengajari anak shalat sejak usia dini dengan baik, dapat berdiskusi dan berbincang dengan bahasa yang baik dan hal lain.

Namun ada beberapa cara yang bisa ditempuh ibu atau orang tua agar anak nurut. Pertama yaitu doa yang ibu panjatkan dimulai dari ibu masih mengandung atau hamil.

Berikut bunyi doa:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي أَوْلَادِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَاحْفَظْهُمْ وَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ


Allâhumma bârik lanâ fî aulâdinâ wa dzurriyyâtinâ wahfadhhum wa lâ tadlurrahum warzuqnâ birrahum
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)