20 Jurusan IPA Sepi Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Menjanjikan

Senin, 08 Januari 2024 - 13:44 WIB
loading...
20 Jurusan IPA Sepi Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Menjanjikan
Jurusan geofisika menjadi salah satu jurusan IPA atau saintek yang sepi peminat tetapi memiliki peluang kerja menjanjikan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 20 jurusan IPA yang jarang diminati tapi memiliki prospek kerja menjanjikan. Dari berbagai macam jurusan kuliah, ilmu sains dan teknologi (Saintek) atau jurusan kuliah IPA menjadi jurusan yang banyak diminati di perguruan tinggi.

Tak heran kalau persaingannya cukup ketat setiap tahunnya. Namun, di antara jurusan-jurusan IPA atau Saintek ternyata ada juga jurusan IPA yang sepi peminat, tapi peluang kerjanya besar. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

20 Jurusan IPA Sepi Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Menjanjikan


1. Geofisika

Jurusan ini mempelajari fenomena fisika di dalam dan di sekitar Bumi, seperti gempa bumi dan medan magnet. Lulusan geofisika dapat bekerja dalam eksplorasi energi, penelitian bencana alam, dan industri geoteknik.

2. Meteorologi dan Klimatologi


Saat ini, konteks perubahan iklim semakin penting, lulusan meteorologi dan klimatologi dapat berkontribusi pada pemahaman dan mitigasi dampak perubahan iklim.

3. Teknik Geologi


Memadukan ilmu geologi dengan teknik, lulusan ini dapat terlibat dalam penelitian eksplorasi mineral, konstruksi bendungan, dan mitigasi bencana geologi.

4. Biokimia


Jurusan ini mengkaji interaksi antara biologi dan kimia pada tingkat molekuler. Lulusan biokimia dapat mengejar karier di bidang riset, pengembangan obat, dan industri pangan.

5. Mikrobiologi Lingkungan


Fokus pada studi mikroorganisme dalam konteks lingkungan. Lulusan mikrobiologi lingkungan dapat bekerja dalam pengelolaan limbah, keamanan pangan, dan konservasi lingkungan.

6. Oseanografi


Studi tentang samudera dan lautan, oceanografi mencakup berbagai aspek seperti kimia, fisika, dan biologi laut. Lulusan oceanografi dapat terlibat dalam penelitian, konservasi, dan eksplorasi sumber daya laut.

7. Fisika Medis


Fisika medis berkaitan dengan penerapan prinsip fisika dalam dunia kesehatan, terutama dalam perawatan pasien kanker dan penggunaan teknologi medis.

8. Astronomi


Meskipun mungkin tidak banyak peminat, astronomi tetap menjadi bidang yang menarik. Lulusan astronomi dapat berkarir di penelitian astronomi, observatorium, dan industri teknologi.

9. Kartografi dan Penginderaan Jarak Jauh


Jurusan ini akan mengajarkan mahasiswa mengenai pemetaan dengan indera jarak jauh. Mahasiswa juga akan melakukan pengelolaan sistem informasi spasial yang digunakan dalam kajian wilayah.

10. Ilmu Aktuaria


Ilmu aktuaria adalah disiplin ilmu yang menggunakan teori matematika, statistik, dan keuangan untuk menganalisis risiko dan ketidakpastian dalam berbagai situasi, terutama dalam konteks keuangan dan asuransi.

11. Jurusan Agroekoteknologi


Jurusan IPA yang sepi peminat, tapi memiliki prospek kerja tinggi selanjutnya adalah Agroekoteknologi. Jurusan ini merupakan gabungan antara tiga program studi, yaitu Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan.

Selain dapat bekerja di ranah perkebunan, lulusan Agroekoteknologi juga bisa berkarier di Instansi Pemerintah dalam bidang agribisnis dan Lembaga Swadaya Masyarakat untuk memberikan penyuluhan.

12. Jurusan Fisika Murni


Last but not least ada jurusan Fisika Murni atau biasa dikenal dengan Fisika FMIPA. Bidang ilmu ini mempelajari teori-teori, rumus, dan hitungan fisika yang kuat. Mereka yang mengambil jurusan Fisika Murni diarahkan untuk menjadi seorang ilmuwan.
Beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan Fisika Murni adalah Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

13. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan


Sesuai dengan nama jurusannya, Teknologi Hasil Perikanan merupakan jurusan yang mempelajari teknik pengolahan hasil tangkapan atau budidaya ikan menjadi produk yang bernilai lebih tinggi.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya lautnya. Mengambil jurusan Teknologi Hasil Perikanan akan sangat menguntungkan untukmu. Prospek kerjanya juga sangat luas, kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan, sektor swasta, hingga wirausahawan. Bahkan kamu berpeluang untuk bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

14. Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja


Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar adalah jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau biasa disingkat K3.
K3 merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana cara meminimalisir risiko penyakit dan kecelakaan di tempat kerja. Tidak hanya melindungi dari bahaya eksternal, jurusan K3 ini juga melindungi pekerja dari bahaya faktor internal.

15. Jurusan Planologi

Nama lain dari jurusan Teknik Planologi ini adalah Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). jurusan ini mempelajari berbagai aspek, mulai dari sosial, ekonomi, hingga hukum. Tujuan dan fokus utama dari Teknik Planologi adalah merencanakan dan menciptakan kota yang nyaman, asri, dan layak huni.

Meskipun tergolong salah satu jurusan IPA yang sepi peminat, tapi jurusan ini memiliki prospek kerja besar dan menjanjikan. Kamu bisa bekerja di kantor pemerintahan, seperti Kementerian PUPR dan Bappeda. Atau kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan internasional.

16.Jurusan Kehutanan


Jurusan kelima yaitu jurusan kehutanan yang mana cocok untuk para pecinta alam dan hobi berpetualang di gunung maupun pemandangan hutan lainnya.

Jurusan ini akan mempelajari tentang teknik kehutanan yang berkaitan dengan ekologi, teknik konservasi hutan, serta pengolahan hasil hutan. Lulusan jurusan kehutanan bisa bekerja sebagai manajer pertanian dan peternakan maupun sebagai peneliti tanah dan tumbuhan.

17.Jurusan Teknik Perkapalan


Jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar selanjutnya adalah Teknik Perkapalan. Lulusan jurusan teknik Perkapalan selepas lulus kuliah dapat memilih bekerja pada lembaga pemerintahan maupun swasta.

Seperti perusahaan pengelasan kapal atau bekerja di perusahaan pembuatan kapal. Jurusan Teknik Perkapalan dapat dipelajari pada berbagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Seperti di UI, Undip maupun ITS.

18.Jurusan Teknik Nuklir


Jurusan teknik nuklir jarang diminati karena tingkat kesulitan yang dianggap cukup tinggi. Meski begitu, peluang kerja dan gajinya nggak main-main lho.

19. Jurusan Farmasi


Jurusan farmasi akan mempelaari tentang seluk beluk obat dan bidang kesehatan lainnya. Lulusan di jurusan ini akan menjadi apoteker di mana kamu dituntut untuk membuat, mengidentifikasi, meracik, dan menyarankan obat untuk pasien.

20. Jurusan Teknik Sipil


Teknik sipil lebih fokus kepada bagaimana sebuah bangunan dibuat seperti proyek pembangunan gedung, perkantoran, jalan, perusahaan, dan bangunan pemerintahan.

Lulusan teknik sipil juga jarang menganggur karena jadwal terbang yang sibuk dengan gaji yang tinggi. Bahkan kamu bisa mendapatkan gaji puluhan sampai ratusan juta untuk satu kali kali proyek.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0806 seconds (0.1#10.140)