alexametrics

Bandara Sukarno-Hatta II Dipastikan Dibangun di Karawang

loading...
Bandara Sukarno-Hatta II Dipastikan Dibangun di Karawang
Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara memilih Kabupaten Karawang untuk lokasi bandara menggantikan bandara Sukarno-Hatta Tangerang yang sudah penuh. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
KARAWANG - Bandara Sukarno-Hatta II dipastikan akan dibangun di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara memilih Kabupaten Karawang untuk lokasi bandara menggantikan bandara Sukarno-Hatta Tangerang yang sudah penuh.

Pemkab Karawang diminta mempersiapkan infrastruktur pendukung mulai saat ini secara bertahap hingga pembangunan bandara dilaksanakan. "Kita sudah mendapat kepastian itu dari Dirjen perhubungan udara. Kabupaten Karawang sudah menjadi pilihan untuk dibangun Bandara Sukarno-Hatta II dan kita diminta mempersiapkan segala sesuatunya," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Eka Sanatha, Senin (26/3/2018).

Menurut Eka dalam pola ruang nasional pembangunan Bandara Soekarno-Hatta 2 telah masuk di Peraturan Pemerintah No 3/ 2017. Peraturan itu menyebutkan di Karawang akan di bangun Pelabuhan Udara Internasional Pengumpul Primer.

Kepastian itu diperkuat oleh keterangan dari Direktur Jendral Perhubungan Udara pada Kementerian Perhubungan yang menyatakan memang benar di Karawang akan dibangun Bandara Soekarno - Hatta II. "Ini bukan program jangka pendek, tetapi program jangka panjang yang baru akan dilaksanakan 10 atau 15 tahun yang akan datang." kata Eka.

Eka mengatakan dalam RTRW Nasional, Bandara Soekarno-Hatta II bakal dibangun di wilayah dua kecamatan, yakni Kecamatan Pangkalan dan Ciampel. Bandara tersebut akan diapit dua ruas tol yaitu tok Jakarta-Cikampek dan tol Jatiaasih-Sadang.

Tol elevated Jakarta-Cikampek ditargetkan rampung 2019 dan ujung tol tersebut berada di wilayah Kabupaten Karawang. "Kalau jalan Tol Cikampek-Sadang selesai dibangun nantinya bandara akan diapit dua jalan tol," katanya. 
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak