Kisah Raja Tarumanagara Purnawarman Hadiahkan Seribu Sapi ke Brahmana

Sabtu, 06 Januari 2024 - 07:57 WIB
loading...
Kisah Raja Tarumanagara Purnawarman Hadiahkan Seribu Sapi ke Brahmana
Raja Kerajaan Tarumanagara Purnawarman dikenal sangat kaya raya dan pernah mempersembahkan ribuan ekor sapi kepada brahmana dalam sebuah upacara keagamaan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
RAJA Kerajaan Tarumanagara Purnawarman dikenal sangat kaya raya saat berkuasa padatahun 317-356 Saka (395-434 Masehi). Bahkan karena kekayaannya sang raja pernah mempersembahkan ribuan ekor sapi kepada brahmana dalam sebuah upacara keagamaan.

Kisah ini tercantum dalam Prasasti Tugu, yang menjadi peninggalan Kerajaan Tarumanagara. Konon Prasasti Tugu merupakan prasasti yang terpanjang dari semua peninggalan Purnawarman.



Seperti prasasti Kerajaan Tarumanagara lainnya konon prasasti ini pun berbentuk puisi anustubh.

Tulisannya dipahatkan pada sebuah batu bulat panjang secara melingkar, sebagaimana dikutip dari "Sejarah Nasional Indonesia : Zaman Kuno" tulisan Marwati Djoened dan Nugroho Notosusanto.

Konon di prasasti terdapat empat hal menarik jika dibandingkan dengan prasasti-prasasti Purnawarman lainnya.

Pertama, di dalamnya disebutkan nama dua buah sungai yang terkenal di Punjab, yaitu Sungai Candrabhaga dan Gomati, yang ternyata telah menimbulkan pelbagai tafsiran para sejarawan.


Kedua, walaupun tidak lengkap, prasasti ini merupakan satu-satunya prasasti Purnawarman yang menyebutkan unsur penanggalan.

Ketiga, prasasti ini menyebutkan dilakukannya upacara selamatan oleh brahmana, disertai dengan seribu ekor sapi yang dihadiahkan dari sang raja.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)