Ini Sejumlah Pilihan Tempat Destinasi Wisata di Solo

Sabtu, 24 Maret 2018 - 00:08 WIB
Ini Sejumlah Pilihan Tempat Destinasi Wisata di Solo
Ini Sejumlah Pilihan Tempat Destinasi Wisata di Solo
A A A
JAKARTA - Di Jawa Tengah ada Solo dan Jogja yang menjadi magnet wisata daerah tersebut. Kedua wilayah ini memiliki kekayaan budaya dan pesona alam yang eksotis.

Uniknya, keindahan wisata di sana juga merambat ke daerah sekitarnya, seperti di Wonogiri, Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo serta Klaten.

Oleh sebab itu, keindahan pemandangan alam yang indah dan cantik di sini rasanya sayang sekali kalau sampai dilewatkan. Jika jalan-jalan ke daerah Jawa Tengah, coba sempatkanlah mampir ke spot-spot alami nan menakjubkan ini, bikin kita merasa kecil.

Seperti keelokan surga alami Grojogan Selondo, Wonogiri. Jembatan Selondo terletak di Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri . Masyarakat sering melintasinya untuk aktivitas sehari-hari.

Tak jauh dari sana ada Grojogan Selondo yang merupakan air terjun namun tak terlalu tinggi. Uniknya air terjun ini berada di sebuah ceruk antara tebing bebatuan. Pemandangannya pun eksotis.

Ada dua kolam kecil dan juga sungai di bawahnya. Airnya pun sangat sejuk. Nah, selagi di Desa Bakalan, sekalian mampirlah juga ke Puncak Bukit Secokro. Kamu bisa menikmati alam yang indah dari ketinggian 635 mdpl. Jangan lupa berfoto, ya.

Kedua, menapaki Bukit Gancik di Boyolali Untuk mendekat Ke Merapi. Bukit ini terletak di ketinggian 2.000 mdpl dan menyajikan pemandangan fantastis.

Lokasinya berada di kaki Gunung Merbabu di mana pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang kokoh dari sini. Tak hanya gagahnya pegunungan, kamu juga bisa meresapi panorama hijaunya bukit-bukit nan asri dan menyejukkan.

Banyaknya spot menarik di sini bakal memanjakan para pemburu foto hits. Asyiknya lagi, dari sini kamu bisa melihat Goa Jalak, Watu Buto dan Watu Jonggol yang eksotis. Yang mana, katanya tempat-tempat ini bisa terlihat dari Keraton Solo . Untuk tiket masuk ke sini dikenakan tarif Rp5.000 per motor.

Ketiga, uniknya Gunung Kembar Batu Seribu di Sukoharjo. Ini adalah kawasan geopark dengan tempat wisata potensial Bukit Sepikul salah satunya. Nama Bukit Sepikul asal usulnya karena Gunung Sepikul dengan Gunung Kembar yang ada di hadapannya nampak sejajar, keduanya seakan siap dipikul. Nah, di sini kamu bisa nikmati fasilitas gardu pandang, area bermain, camping ground hingga kolam renang.

Keempat, bercumbu dengan awan di Bukit Cumbri, Wonogiri. Kalau mau merasakan indahnya melihat pemandangan dari atas awan langsung saja belok ke Bukit Cumbri. Bukit di ketinggian 638 mdpl ini menyuguhkan pemandangan kota Wonogiri dari atas. Apalagi saat gugusan awan berkumpul dan menjadi latar belakangmu, rasanya seperti berada dalam sebingkai foto alam yang luar biasa.

Keindahan tak terbantahkan di spot terbaik tempat ini bisa kamu rasakan dengan melakukan trekking selama sekitar satu jam. Hati-hati, ya, karena perjalanannya melewati rute yang menanjak curam.

Sesampainya di atas semua lelahmu bakal terbayar, deh. Oh, dan, yang paling hits di sini adalah pemandangan matahari terbitnya. Bikin ternganga. Solo dan sekitarnya menyimpan rapi pesona alamnya untuk dijelajahi. Kemasi barangmu dan pesan tiket sekarang juga ke Solo di Traveloka.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5702 seconds (0.1#10.140)