Banjir Bandang Terjang Kabupaten Kendal, Ratusan Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Terendam

Kamis, 22 Maret 2018 - 11:12 WIB
Banjir Bandang Terjang Kabupaten Kendal, Ratusan Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Terendam
Banjir Bandang Terjang Kabupaten Kendal, Ratusan Rumah dan Puluhan Hektare Sawah Terendam
A A A
KENDAL - Dua desa di Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir bandang, akibat luapan sungai yang terbendung proyek pembangunan jalan tol Batang-Semarang. Ratusan rumah dan puluhan hektare sawah terendam banjir hingga ketinggian satu meter.

Aktivitas warga pun lumpuh dan puluhan hektare sawah terancam puso karena terendam banjir. Air mulai menggenangi rumah warga di Desa Manggungsari dan Sumbersari, Kecamatan Weleri, Kendal, Kamis (22/3/2018) menjelang subuh. Ketinggian air yang menggenangi permukiman warga mencapai satu meter.

Sebelumnya hujan deras mengguyur wilayah selatan Weleri selama kurang lebih dua jam. Banjir bandang ini menerjang ratusan rumah warga dan puluhan hektare areal pertanian yang sudah ditanami padi.

Warga mengaku, sebelumnya tidak pernah terjadi banjir sebesar ini. Mereka menuding banjir bandang ini akibat pembangunan jalan tol Batang-Semarang. Sebab, konstruksi saluran air pada jembatan terlalu kecil, sehingga saat curah hujan tinggi dan debit air sungai meluap dan mengalir deras ke permukiman.

Suprapto, seorang warga yang rumahnya berada tepat di samping jembatan sungai proyek tol mengatakan, banjir yang menimpa dua desa ini karena boks beton yang melintas sungai tidak sesuai dengan ukuran dan kondisi sungai yang besar. Ketika hujan deras air tidak bisa mengalir dengan lancar dan meluap ke permukiman warga.

Warga lainnya, Jalil mengaku, sampai saat ini genangan air masih tinggi sehingga warga tidak bisa beraktivitas dan sejumlah sekolah juga diliburkan. “Warga berharap agar proyek jalan tol tersebut dalam membuat konstruksi jembatan harus benar layaknya jembatan besar,” katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2478 seconds (0.1#10.140)