10 Fakta Unik Burung Unta, Bisa Hidup hingga 40 Tahun

Kamis, 04 Januari 2024 - 22:07 WIB
loading...
10 Fakta Unik Burung Unta, Bisa Hidup hingga 40 Tahun
Burung unta termasuk salah satu unggas terbesar di dunia. (Foto: Arabia Weather)
A A A
JAKARTA - Burung unta kembali populer di kalangan wisatawan karena menjadi hewan tunggangan di beberapa destinasi. Di balik penampilannya yang mencolok, unggas ini punya 10 fakta unik.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang burung unta yang kamu harus tahu.

1. Burung Terbesar di Dunia


Burung unta termasuk salah satu unggas terbesar di dunia. Tingginya bisa mencapai 2,5 - 3 meter dengan berat antara 150 - 300 kilogram. Lehernya yang panjang memudahkan mereka untuk meraih daun-daun di pohon tinggi serta semak-semak di habitat gurun. Selain itu, burung unta memiliki kepala yang kecil dan mata yang cenderung besar.

2. Hewan Darat Tercepat di Dunia


Meskipun memiliki ukuran tubuh besar, burung unta mampu berlari hingga mencapai kecepatan 70 kilometer per jam. Lantaran memiliki kaki yang sangat panjang dan kuat, disertai dengan cakar kuat di kedua jari besarnya untuk memudahkan saat berlari. Kelebihan ini menjadikan mereka sebagai salah satu hewan darat tercepat di dunia.


3. Adaptasi terhadap Lingkungan Gersang


Sebagai penduduk asli padang pasir dan gersang lainnya di daerah Afrika, mereka diberkati dengan kemampuan adaptasi yang menarik. Burung unta memiliki bulu yang melindungi tubuh dari matahari. Mereka juga memiliki kelopak mata khusus yang dapat melindungi dari pasir di tempat tinggalnya. Mereka dapat bertahan tanpa minum air selama beberapa waktu dengan menggunakan kelebihan air yang dihasilkan oleh metabolisme makanan.

4. Pola Makan Vegetarian


Burung unta sebagian besar termasuk vegetarian. Mereka mengonsumsi akar, daun, bunga, dan biji-bijian. Meskipun demikian, mereka juga sanggup memakan serangga, kadal, dan makhluk kecil lainnya.

5. Berumur Panjang


Burung yang memiliki nama ilmiah Struthio camelus ini, memiliki rata-rata hidup yang cukup panjang, yaitu 30-40 tahun. Mereka bertahan hidup dengan sistem perlindungan diri yang hebat. Burung ini cukup agresif dan mampu berkelahi dengan cheetah hingga singa. Hal tersebut karena mereka memiliki kaki yang kuat dan sangat efektif untuk pertahanan diri. Jika terpojok, ia akan menendang dengan kuat. Selain itu, setiap kakinya juga memiliki cakar sepanjang 10 sentimeter.


6. Menghasilkan Telur Terbesar di Dunia

Saat musim kawin, burung unta betina akan bertelur di sarangnya. Telur yang dihasilkan oleh mereka termasuk terbesar di dunia. Rata-rata panjang telur burung unta mencapai 15 cm dan beratnya mencapai mega 1,5 kilogram. Burung unta betina mampu bertelur hingga 11 butir, sedangkan lainnya hanya dapat bertelur antara dua hingga enam butir.

7. Burung Unta tidak Bisa Terbang


Tidak seperti jenis burung lain, burung unta tidak bisa menggunakan sayapnya untuk terbang. Mereka memiliki sayap yang kecil sehingga tidak cukup kuat untuk mendukung berat badannya. Selain itu, tulang dada burung unta rata, bukan melengkung seperti burung yang bisa terbang. Tulang dada yang rata membuat burung unta tidak dapat mengepakkan sayapnya dengan kuat untuk terbang.

8. Burung Unta Hidup Berkelompok


Burung unta hidup secara berkelompok dengan hierarki sosial yang terstruktur. Umumnya, mereka hidup berkelompok dengan 12 individu lainnya dan terdapat satu atau lebih yang menghegemoni kawanan. Biasanya, mereka juga dapat bermigrasi untuk mencari makanan.


9. Memiliki Sub-spesies Beragam


Saat ini, spesies burung unta hanya terdapat satu jenis, yaitu Struthio camelus, atau yang biasa disebut sebagai burung unta biasa. Burung unta biasa memiliki beberapa subspesies yang tersebar di Afrika dan Semenanjung Arab. Beberapa subspesies tersebut, di antaranya Camelus (burung unta berleher merah atau Afrika Utara), Molybdophanes (burung unta Somalia), Massaicus (burung unta Masai), Australis (burung unta Afrika Selatan).

10. Memiliki Penglihatan Tajam


Fakta menarik lainnya dari burung unta, yakni memiliki penglihatan yang sangat tajam. Ketajaman visual dan bidang pandang yang luas, membuat burung unta sangat pandai dalam mendeteksi gerakan atau perubahan di lingkungan mereka. Hal ini penting untuk bertahan hidup, karena mereka dapat mendeteksi predator dari jarak yang cukup jauh.

Nah, itulah 10 fakta unik burung unta yang sangat mengagumkan. Dari tinggi dan kecepatannya yang luar biasa hingga kemampuan adaptasinya yang unik, mereka terus menjadi fokus perhatian para pengamat alam dan penggemar burung di seluruh dunia.

MG/Dinda Amelia Putri
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2686 seconds (0.1#10.140)