Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto, Mudah dan Cepat

Kamis, 04 Januari 2024 - 21:02 WIB
loading...
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Foto, Mudah dan Cepat
Kendala WahatsApp tidak bisa mengirim foto terkadang muncul begitu saja. (Foto: Android Authority)
A A A
JAKARTA - Kendala WhatsApp tidak bisa mengirim foto terkadang muncul begitu saja. Hal ini tentu memicu kepanikan, namun tak perlu khawatir karena ada cara mudah mengatasinya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna WhatsApp apabila mengalami masalah tidak bisa mengirim foto. Berikut ulasan lengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/1/2024).

1. Pastikan koneksi stabil


Aplikasi WhatsApp membutuhkan koneksi internet stabil agar fungsinya berjalan lancar. Untuk itu, jika mengalami kendala masalah pengiriman foto, cek koneksi internet sudah stabil atau belum. Cek koneksi wifi ataupun paket data. Cek kecepatan internet di situs seperti www.speedtest.net.


2. Cek pengaturan waktu di smartphone


Pengaturan tanggal dan waktu di smartphone bisa menjadi sumber masalah pada WhatsApp karena aplikasi akan sulit tersambung ke server. Maka, penting untuk memastikan waktu di smartphone sudah benar. Jika mengalami masalah tidak bisa mengirim foto, segera periksa tanggal dan waktu di smartphone dengan buka Pengaturan, lalu pilih Tanggal dan Waktu, selanjutnya sesuaikan dengan tanggal dan waktu saat ini.

3. Pastikan memori tidak penuh


Selanjutnya adalah memastikan memori smartphone masih ada. Jika perlu, hapus sejumlah file yang tidak digunakan. Hapus chat history atau call history WhatsApp jika memang tidak diperlukan. Jangan lupa juga untuk hapus cache WhatsApp. Untuk menghapus cache WhatsApp, silakan masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih bagian Pemeliharaan Perangkat, kemudian optimalkan sekarang atau bisa langsung hapus cache.


4. Update WhatsApp terbaru


Cara lain untuk mengatasi masalah tidak bisa kirim foto di WhatsApp adalah dengan mengupdate aplikasi ke versi terbaru. Pasalnya, versi aplikasi yang sudah usang tidak bisa mendukung fitur layanan secara maksimal. Lakukan update berkala pada versi aplikasi WhatsApp. Buka Google Play Store atau Apple App Store, telusuri WhatsApp, lalu pilih tombol update aplikasi.

5. Restart dan uninstall WhatsApp


Jika WhatsApp masih tidak bisa mengirim foto, coba log out dari akun WhatsApp selama beberapa saat lalu masuk kembali. Jika perlu, hapus kemudian install ulang aplikasi WhatsApp dengan terlebih dulu melakukan backup.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2995 seconds (0.1#10.140)