Simulasi Pencoblosan Surat Suara Pilpres Cuma 2 Paslon, Ganjar Singgung Kredibilitas KPU

Kamis, 04 Januari 2024 - 14:32 WIB
loading...
Simulasi Pencoblosan Surat Suara Pilpres Cuma 2 Paslon, Ganjar Singgung Kredibilitas KPU
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mempertanyakan kredibilitas KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2024. Foto/MPI/riyan rizki roshali
A A A
JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3 yang didukung Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Ganjar Pranowo mempertanyakan kredibilitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar terkait adanya contoh surat suara untuk simulasi di wilayah Solo yang berisi dua kolom pasangan calon (paslon). “Ya, ini KPU penyelenggara kok berkali-kali minta maaf terus ya gitu. Kalau minta maaf terus nanti kredibilitasnya akan dipertanyakan loh ya,” kata Ganjar di Blora, Jawa Tengah, Kamis (4/1/2024).

Ganjar menilai, segala tindakan yang dilakukan KPU seharusnya diawasi. Sehingga, ke depannya tidak ada terjadi lagi kesalahan. “Makanya sebenarnya semua yang keluar dari KPU kita minta ada yang melakukan supervisi, agar tidak jadi kesalahan dan mereka akan memperbaiki itu. Makanya profesionalismenya mesti ditunjukkan betul-betul,” jelasnya.



Sekadar informasi, surat suara untuk simulasi pencoblosan Pilpres di Solo dikritik banyak pihak. Salah satunya, oleh DPC PDIP Solo. Mereka memprotes KPU terkait desain surat suara untuk simulasi pencoblosan hanya ada dua kotak paslon.

Sedangkan kotak paslon nomor 3 tidak ada. Padahal, Pilpres 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden. Ketiganya ialah pasangan nomo urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)