7 Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Mentok di Logo

Rabu, 03 Januari 2024 - 09:41 WIB
loading...
7 Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Mentok di Logo
7 Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop. FOTO/ SEIN
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi HP Samsung yang bootloop sangat menarik untuk diulas. Pasalnya tidak sedikit pengguna perangkat asal Korea Selatan itu yang pernah mengalaminya.



Untuk diketahui, HP bootloop membuat pengguna sulit melakukan booting sehingga hp tidak dapat digunakan. Biasanya hp bootloop hanya akan mentok di logo Samsung saja saat dinyalakan.

Kondisi bootloop sendiri jika dibiarkan lama bakal menyebabkan sistem pada hp semakin rusak. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasinya untuk meminimalisir kerugian.

Lantas bagaimana cara mengatasi hp Samsung bootloop mentok di logo? Nah tanpa berlama-lama lagi, berikut paparannya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Selasa (1/2/2024).

1. Restart HP


Cara pertama untuk mengatasi hp Samsung bootloop adalah dengan merestart HP. Langkah yang bisa diambil adalah dengan menekan lama tombol power, matikan hp selama beberapa saat, lalu hidupkan HP kembali.

2. Menghapus file sampah


File sampah atau biasa juga disebut cache menjadi salah satu penyebab HP mengalami masalah. Untuk itu penting menghapus cache dengan menekan lama tombol power dan volume up untuk masuk ke Recovery Mode kemudian pilih Wipe Cache Partition lalu klik Yes.

3. Melepas kartu SIM dan microSD

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melrpas kartu SIM dan microSD. Lepas kedua kartu tersebut dari smartphone Samsung selama 30 menit lalu masukan kembali. Lakukan dengan kondisi HP mati.

4. Melakukan factory reset

Cara yang lebih ekstrim adalah dengan menggunakan metode reset pabrik atau factory reset. Masuk ke Recovery Mode dengan cara yang telah dipaparkan tadi lalu klik opsi Hapus semua data. Tapi pastikan file di HP sudah dicadangkan lebih dulu.

5. Mengganti komponen ROM

Masalah hp Samsung bootloop juga bisa disebabkan oleh kerusakan di komponen ROM. Jika memang ini penyebabnya, waktunya menemukan ROM baru yang sesuai. Bisa juga buat ROM sendiri dengan mendownload di situs ROM seperti XdaDeveloper.

6. Melakukan flashing


Flashing bisa dilakukan dengan bantuan komputer yang sudah terinstal Samsung USB driver dan odin3 flashtool. Tinggal matikan hp lalu tekan power + volume down di HP Samsung sampai muncul tulisan Warning dan ikuti perintah yang diberikan.

Setelahnya buka odin3 flashtool di komputer dan double click untuk flashtoolnya hingga muncul menu flahsing. Hubungkan hp ke komputer dan pastikan sudah muncul ID:COM lalu double click file dan sesuaikan file yang ada di dalam folder firmware.

Jika semua file sudah terisi sesuai dengan kolomnya masing-masing, klik Start dan tunggu flashing selesai hingga menampilkan status Pass. Nantinya HP akan melakukan restart dan melakukan pembaruan sistem sebelum menyala.

7.Mengunjungi service center

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi service center resmi Samsung. Di sini para teknisi akan mendiagnosa kerusakan dan akan mencarikan solusinya. Kalian hanya perlu membawar ongkos perbaikan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)