Nurul Arifin Minta Sawah di Kota Bandung Tak Beralihfungsi

Jum'at, 16 Maret 2018 - 18:03 WIB
Nurul Arifin Minta Sawah di Kota Bandung Tak Beralihfungsi
Nurul Arifin Minta Sawah di Kota Bandung Tak Beralihfungsi
A A A
BANDUNG - Calon Wali Kota Bandung Nurul Arifin berharap tak ada lagi sawah di Kota Bandung yang beralih fungsi menjadi kawasan industri atau perumahan. "Saya berharap tak ada lagi sawah di Bandung yang beralih fungsi menjadi kawasan industri. Lahan seperti ini harus dijaga. Karena kita semua butuh nasi," kata Nurul di Bandung, Jumat (16/3/2018).

Menurut dia, kendati telah menjadi kawasan metropolitan, Kota Bandung masih memiliki areal persawahan. Namun luas sawah semakin menyusut akibat alih fungsi lahan. Selama ini, suplai beras untuk warga Bandung berasal dari daerah lainnya di Jawa Barat.

Mempertahankan lahan persawahan di Kota Bandung, lanjut dia, diharapkan dapat menjaga ekosistem sosial ekonomi. Masyarakat yang masih mengandalkan mata pencaharian sebagai petani akan tetap mendapatkan penghasilan dari sisi ekonomi.

Lebih lanjut Nurul mengatakan, tak hanya akan membatasi alih fungsi sawah, dia pun berencana memberi subsidi kepada petani di Bandung. Bentuknya berupa subsidi benih dan lainnya. Subsidi bagi petani perlu dilakukan melihat minimnya penghasilan yang didapat para petani.

"Penghasilan mereka minim. Makanya perlu sibsidi agar hasil yang didapat lebih baik lagi," imbuh dia.

Pada kesempatan itu, Nurul Arifin pun langsung melakukan video call dengan salah satu anggota DPR RI untuk menginformasikan kondisi petani di Kota Bandung. Dengan cara itu, dia berharap pemerintah bisa lebih peduli melalui berbagai program kepada petani.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6659 seconds (0.1#10.140)