Badan Meteorologi Jepang Umumkan Tsunami 5 Meter usai Gempa Besar Ishikawa

Senin, 01 Januari 2024 - 15:57 WIB
loading...
Badan Meteorologi Jepang Umumkan Tsunami 5 Meter usai Gempa Besar Ishikawa
Badan Meteorologi Jepang Umumkan Tsunami 5 Meter. FOTO/ INDEPENDENT
A A A
TOKYO - Pemerintah Jepang mengumumkan tsunami setinggi 5 meter diperkirakan terjadi setelah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter di Ishikawa.



Masyarakat didesak untuk segera mengungsi karena tsunami setinggi 5 meter diperkirakan akan mencapai pantai utara

Pemerintah Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk wilayah pesisir utaranya setelah gempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda provinsi Ishikawa pada hari Senin (1/1/2024).

Seperti dilansir dari Independent, peringatan tsunami telah dikeluarkan Badan Meteorologi Jepang untuk wilayah pesisir prefektur Ishikawa, Niigata dan Toyama.

Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir telah didesak untuk segera mengungsi karena gelombang setinggi hingga 5 meter diperkirakan akan menghantam garis pantai, kata lembaga penyiaran publik NHK.

Beberapa gempa susulan yang kuat telah melanda Laut Jepang satu jam setelah gempa awal, dan pemerintah telah memperingatkan bahwa mungkin akan terjadi gempa susulan lagi.

Gelombang dengan ketinggian lebih dari 5 meter “mungkin telah mencapai” Noto di prefektur Ishikawa, sementara gelombang dengan ketinggian minimal 1 meter telah menghantam pantai kota Wajima di Ishikawa, kata penyiar tersebut.

Ishikawa berada di bawah peringatan tsunami besar, sementara peringatan atau peringatan tingkat rendah telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir barat laut pulau Honshu

Badan meteorologi negara tetangga Korea Selatan mengatakan guncangan gempa terasa di provinsi Gangwon di pantai timur setelah gempa besar di Jepang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)