Setelah Mendarat di Pantai Ocarina, Pesawat Airfast Kini Berada di Hang Nadim

Minggu, 11 Maret 2018 - 11:18 WIB
Setelah Mendarat di Pantai Ocarina, Pesawat Airfast Kini Berada di Hang Nadim
Setelah Mendarat di Pantai Ocarina, Pesawat Airfast Kini Berada di Hang Nadim
A A A
BATAM - Pesawat Airfast yang melakukan pendaratan darurat di kawasan Pantai Ocarina, Batam Centre, kemarin, dipindahkan. Setelah dilakukan perbaikan, pesawat amfibi tipe twin otter callsign PK-OCK tersebut mendarat sempurna di Bandara Internasional Hang Nadim.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso mengatakan, pesawat Airfast tersebut saat ini sudah berada di Bandara Internasional Hang Nadim. Proses selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan penyebab gagalnya landing gear sehingga tidak bisa mendarat di landasan pacu bandara, kemarin.

"Sekitar pukul 07.40 pesawat sudah bisa terbang ke Hang Nadim. Saat ini masih menunggu tim Airfast Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Suwarso, Minggu (11/3/2018).

Pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur yang memang harus dilakukan untuk memastikan bahwa pesawat tersebut layak terbang sesuai schedule charter route Hang Nadim-Pulau Bawah, Kabupaten Anambas. Sehingga, pesawat dinyatakan sampai benar-benar aman untuk kembali terbang.

Sebelumnya, pesawat Airfast yang membawa delapan penumpang itu melakukan pendaratan darurat di kawasan Pantai Ocarina, Batam Centre, karena memiliki masalah pada landing gear sehingga tidak bisa mendarat di landasan pacu bandara.

Selanjutnya, pilot pesawat memilih opsi mendaratkan pesawat yang juga bisa mendarat di air ini di Pantai Ocarina, Batam Centre. Lokasi tersebut dipilih karena memiliki teluk yang bisa menghindarkan pesawat dari gelombang laut yang tinggi.

"Pilotnya Warga Negara Amerika, Paul Sky dan kopilot warga Indonesia bernama Sulis," kata Suwarso.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6718 seconds (0.1#10.140)