Peredaran Gelap Narkotika Menjelang Tahun Baru 2024

Sabtu, 30 Desember 2023 - 21:35 WIB
loading...
Peredaran Gelap Narkotika Menjelang Tahun Baru 2024
Slamet Pribadi. Foto/Istimewa
A A A
Slamet Pribadi
Pakar Hukum Narkotika, Mantan Humas BNN

MENJELANG dan saat malam pergantian tahun, masyarakat banyak melakukan party bersama keluarga ataupun bersama komunitas. Party atau pesta tersebut dilakukan di tempat tertutup maupun terbuka.

Bagi pecandu dan penyalahguna narkotika, momen ini menjadi kesempatan untuk ber-party, untuk bersenang-senang, termasuk dengan menggunakan miras dan narkotika. Di sisi lain, bagi para pengedar dan pelaku kejahatan narkotika, ini adalah potensi pasar yang cukup menggiurkan. Maka, pasar semakin digencarkan dan dimasifkan. Sesuai hukum ekonomi, semakin tinggi permintaan, maka semakin tinggi pula penawaran/penyelundupan

Saya berharap dengan sisa waktu tinggal beberapa jam lagi dalam kegiatan masyarakat menyambut tahun baru , sebaiknya aparat meningkatkan operasi besar-besaran penyelidikan dan penyidikan untuk meniadakan atau minimalkan/mengurangi gerakan-gerakan peredaran. Caranya dengan meningkatkan operasi tertutup maupun terbuka, operasi perbatasan di jalan-jalan tikus, di jalan-jalan raya, terutama pada malam hari.



Aparat juga harus mengingatkan tempat party yang kerap dikunjungi masyarakat agar tidak menggunakan miras dan narkotika Aparatur negara harus tampil melindungi masyarakat atas kejahatan terhadap kemanusiaan ini. Untuk melindungi anak-anak dan remaja, peredaran gelap narkotika harus ditekan sekeras-kerasnya.

Harus diingat, dampak jangka pendek dan jangka panjang penggunaan dan penyalahgunaan narkotika sangat dahsyat. Manusia berpikiran lemot, absolut kecanduan, malas, dan sensitif. Pembangunan pun lamban karena Sumber Daya Manusia (SDM)-nya ogah berpikir dan bekerja keras.

Aparatur negara wajib hadir mewakili negara dan melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkotika.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7547 seconds (0.1#10.140)