Mau Kuliah PTN Favorit di Malang, Ini 7 Jalur Masuk UB 2024, 3 di Antaranya Tanpa Tes

Sabtu, 30 Desember 2023 - 15:55 WIB
loading...
Mau Kuliah PTN Favorit di Malang, Ini 7 Jalur Masuk UB 2024, 3 di Antaranya Tanpa Tes
Di 2024, setidaknya ada tujuh jalur yang dibuka Universitas Brawijaya (UB) di antaranya SNBP, SNBT, dan jalur mandiri atau seleksi mandiri UB (SMUB). Foto/Ist
A A A
MALANG - Ini 7 jalur masuk Universitas Brawijaya pada 2024 yang perlu diketahui. Kamu berminat mendaftar perguruan tinggi negeri favorit di Malang? Jika iya, Universitas Brawijaya (UB) merupakan salah satu pilihan tepat.

Namun perlu diketahui, apabila calon mahasiswa ingin masuk di UB pada tahun 2024, maka harus mengetahui jalur atau tes seleksi yang dibuka.

Di 2024, setidaknya ada tujuh jalur yang dibuka UB di antaranya Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri atau seleksi mandiri UB (SMUB). Untuk lebih lengkapnya, artikel kali ini akan membahas tuntas 7 jalur masuk ke UB di 2024, simak ya

7 Jalur Masuk Universitas Brawijaya 2024


1. Jalur SNBP

Jalur SNBP 2024 adalah jalur tanpa tes yang tidak menarik biaya pendaftaran bagi pesertanya. Siswa hanya akan diseleksi berdasarkan perolehan prestasi akademik, non-akademik, nilai rapor, dan ketentuan lain sesuai SNBP.

2. Jalur SNBT


Calon mahasiswa harus tahu jika SNBT mewajibkan calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp200.000. Siswa yang memilih jalur ini akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jika tidak lolos UTBK SNBT, maka siswa jangan putus asa. Karena, hasil UTBK masih bisa digunakan untuk mendaftar seleksi mandiri UB.

3. Seleksi mandiri UB program D3, D4, dan S1yang menggunakan nilai UTBK


Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) ini merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).


4. Seleksi mandiri UB jalur nilai rapor


Jalur nilai rapor hampir sama dengan SNBP, yakni jalur non tes. Calon mahasiswa akan diseleksi berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik sesuai ketentuan.

Nilai rapor yang diperhitungkan adalah nilai mata pelajaran matematika (wajib), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (wajib), dan rata-rata nilai mata pelajaran yang sesuai peminatan, jurusan, dan kompetensi.

5. Seleksi mandiri UB jalur prestasi


Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi (SMUB Jalur Prestasi) ini dikenal sebagai jalur yang menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non-akademik.

Prestasi akademik

a. Peraih peringkat atau juara 1, 2 dan 3 atau setara pada tingkat Internasional dan Nasional dalam bidang:

b. Olimpiade sains pada bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Ekonomi, dan bidang lainnya Lomba Kompetensi Siswa Lomba karya tulis ilmiah Lomba story telling bahasa internasional

c. Lomba cerdas cermat Lomba atau kejuaraan lain yang terkait dengan mata pelajaran yang diselenggarakan lembaga yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Prestasi non-akademik

a. Peraih peringkat atau juara 1, 2, dan 3 atau Gold, Silver, Bronze pada tingkat Internasional dan Nasional dalam lomba atau kejuaraan bidang olahraga, kesenian, ketrampilan, keagamaan.

b. Hafidz dan hafidzah Alqur’an minimal 10 Juz, dibuktikan dengan surat sertifikat/surat keterangan dari lembaga yang kredibel dan dapat mempertanggungjawabkan pernyataan penyelesaian hafalan.

6. Seleksi mandiri UB bagi penyandang disabilitas


UB memberikan kesempatan kuliah bagi siswa disabilitas. Melalui Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD), panitia akan melakukan rangkaian seleksi terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang berprestasi dan memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Bagi calon pendaftar yang ikut seleksi ini, maka harus menyerahkan surat keterangan terkait disabilitas. Nantinya, calon pendaftar harus memilih disabilitas yang dimiliki, seperti: Tunadaksa Tunanetra Tuli Tunawicara Tunagrahita/Slow Learner Kesulitan Belajar/Learning Difficulty Gangguan perkembangan dan mental Dan lainnya.

7. Seleksi Mandiri UB khusus D3


Jalur ini sama dengan seleksi mandiri jalur rapor bagi S1. Bedanya ini diberikan untuk calon mahasiswa UB yang memilih program vokasi tanpa jalur tes. Seleksi akan berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik yang sesuai ketentuan.

Selain itu, ada tambahan persyaratan di Prodi D3 Keuangan Perbankan dan Bidang Minat Perbankan, seperti berpenampilan menarik (good looking), tinggi badan, dan berat badan yang sesuai. Terkait persyaratan good looking, hal itu merupakan persyaratan dari bank yang bekerja sama dengan UB.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)