4 Fakta Krisis Kelaparan yang Dialami Warga Gaza Akibat Serangan Tentara Zionis

Rabu, 27 Desember 2023 - 21:40 WIB
loading...
4 Fakta Krisis Kelaparan yang Dialami Warga Gaza Akibat Serangan Tentara Zionis
Krisis kelaparan melanda warga Gaza akibat invasi tentara Zionis. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pembatasan akses terhadap makanan selama berminggu-minggu di Jalur Gaza telah mencapai puncaknya dengan kelaparan parah dan meningkatnya risiko kelaparan di wilayah kantong yang terkepung tersebut.

Sejak awal Oktober, serangan Israel di Gaza telah merusak toko roti dan gudang makanan setempat, serta jalan yang digunakan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan. Blokade total Israel di wilayah kantong tersebut juga telah membatasi masuknya makanan, air, dan bahan bakar.

4 Fakta Krisis Kelaparan di Gaza Akibat Serangan Tentara Zionis

1. 90% dari Warga Gaza Mengalami Kelaparan

4 Fakta Krisis Kelaparan yang Dialami Warga Gaza Akibat Serangan Tentara Zionis

Foto/Reuters

Lebih dari 90 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza menghadapi kerawanan pangan akut tingkat tinggi. Itu diungkapkan dalam laporan Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC).

IPC, yang mengukur risiko kelaparan, juga melaporkan pada hari Kamis bahwa 2,08 juta orang di Gaza menghadapi “kerawanan pangan akut” yang dapat diklasifikasikan dalam risiko fase tiga atau lebih tinggi dari organisasi tersebut.

IPC mempunyai lima fase kerawanan pangan akut, mulai dari tidak ada (fase satu) hingga bencana atau kelaparan (fase lima). Fase tiga dan lima dianggap krisis dan darurat. Kerawanan pangan “akut” merupakan fenomena jangka pendek dan cenderung berasal dari guncangan yang tidak biasa atau akibat ulah manusia, dibandingkan dengan kerawanan pangan “kronis”, yang bersifat jangka panjang dan merupakan akibat dari tidak mencukupinya sarana penghidupan.

Antara bulan Desember dan Februari, seluruh penduduk Gaza diperkirakan akan berada pada tahap ketiga atau lebih.

Jika permusuhan saat ini dan terbatasnya bantuan terus berlanjut, Gaza juga berisiko mengalami kelaparan pada awal Februari. Definisi kelaparan menurut IPC adalah ketika setidaknya 20 persen populasi di suatu wilayah berada pada fase lima kerawanan pangan akut.


2. Akses Pangan di Gaza Sangat Terbatas

4 Fakta Krisis Kelaparan yang Dialami Warga Gaza Akibat Serangan Tentara Zionis

Foto/Reuters

Keluarga-keluarga di Gaza harus menghadapi penurunan kualitas dan kuantitas makanan, serta ketidakmampuan memasak makanan karena kekurangan bahan bakar.

Menghabiskan satu hari tanpa makan apa pun sudah menjadi hal biasa. Pada awal Desember, Program Pangan Dunia (WFP) melaporkan bahwa sembilan dari 10 orang di wilayah kantong tersebut melewatkan waktu makan dalam jangka waktu lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)