2018, Pembangunan Pasar Indra Sari Digelontor Rp2,1 Miliar

Selasa, 27 Februari 2018 - 15:57 WIB
2018, Pembangunan Pasar Indra Sari Digelontor Rp2,1 Miliar
2018, Pembangunan Pasar Indra Sari Digelontor Rp2,1 Miliar
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pembangunan Pasar Tradisional semi modern Indra Sari, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng yang sudah mendekati 100% dan segera menunggu peresmian. Pada pembangunan lanjutan tahap ketiga kali ini mendapatkan kucuran Rp2,1 miliar.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kobar, Karjinto menyampaikan, hingga saat ini untuk oprasional masih menunggu perda tentang pasar serta audit oleh BPK RI dan menunggu peresmian langsung dari Bupati Kobar Nurhidayah. “Untuk tahun ini pasar ber-SNI tersebut cuma dapat anggaran Rp2,1 miliar,” ujarnya, Selasa (27/2/2018).

Karjinto meneruskan, dana tersebut jika diperhitungkan sangatlah kecil. Sebab, dana Rp2,1 miliar hanya cukup untuk pengadaan travelator dan kelengkapan spingler. “Masih banyak yang dibutuhkan, seperti lahan parkir, akses jalan tembus depan menuju samping pasar yang saat ini ditempati pedagang setelah kebakaran,” katanya.

Dia menambahkan, selain itu juga masih banyak yang diperlukan untuk melengkapi pembangunan pasar, yakni IPAL, genset, rumah genset, kanopi agar saat hujan tidak tempias, menara penampung air, serta perlengkapan lainnya seperti papan informasi harga, CCTV dan Sound System. “Secara teknis, sebelum akses jalan dikerjakan, tentu terlebih dahulu menempatkan para pedagang ke tempat yang telah disediakan, karena mereka juga termasuk korban kebakaran,” sebutnya.

Pembangunan pasar Indra Sari pada tahap pertama menghabiskan dana ABPD sekitar Rp20 miliar pada 2016, berlanjut pada tahap kedua sebesar Rp12,7 miliar. Pasar tersebut berlantai 2 pada lantai atas khusus pedagang lauk pauk, sedangkan lantai dasar khusus pedagang sayur yang mampu menampung sekitar 600 lebih pedagang.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1976 seconds (0.1#10.140)