Keuangan Israel Babak Belur Lawan Hamas, Biaya Perang Meroket Jadi Rp216 Triliun

Selasa, 26 Desember 2023 - 14:51 WIB
loading...
Keuangan Israel Babak Belur Lawan Hamas, Biaya Perang Meroket Jadi Rp216 Triliun
Perang Israel dan Hamas di Gaza akan meningkatkan biaya Israel hingga tahun depan. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Perang Israel dengan Hamas di Gaza kemungkinan akan menelan biaya setidaknya 50 miliar shekel setara USD14 miliar atau Rp216 triliun pada 2024 dan mengakibatkan defisit anggaran hampir tiga kali lipat. Kementerian Keuangan memproyeksikan bahwa pertempuran akan berlangsung hingga Februari 2024 mendatang.

Dalam sebuah pengarahan kepada para anggota parlemen wakil komisaris anggaran kementerian tersebut, Itai Temkin, mengatakan bahwa perang diperkirakan akan berlangsung setidaknya dua bulan hingga tahun 2024 dengan menambahkan 30 miliar shekel untuk keamanan dan 20 miliar lainnya untuk biaya-biaya sipil dan biaya-biaya lainnya.

Hal itu diungkapkan kepada Komite Keuangan Knesset akan meningkatkan total belanja pertahanan lebih dari 48 miliar shekel melebihi apa yang telah dialokasikan. Total pengeluaran anggaran pada 2024 akan meningkat menjadi 562,1 miliar shekel dari rencana 513,7 miliar dan menyebabkan defisit anggaran sebesar 5,9% dari produk domestik bruto (PDB) naik dari target 2,25%.



Dengan defisit yang diperkirakan akan melebar sebesar 75 miliar shekel menjadi 114 miliar shekel tahun depan, Temkin mengatakan kesenjangan tersebut akan membutuhkan pemotongan pengeluaran lain atau peningkatan pendapatan.

Dia juga mengatakan saat ini tidak mungkin untuk merencanakan kemungkinan bahwa perang melawan kelompok Islamis Hamas Palestina di Gaza akan berlanjut hingga Maret atau lebih.

"Ada kemungkinan bahwa di akhir tahun ini kami harus datang dan memperbaruinya dan kami harus datang dengan pembaruan saat perang berlanjut," kata dia dikutip Reuters, Selasa (26/12/2023).

Parlemen bulan ini menyetujui anggaran perang khusus untuk tahun 2023 sebesar hampir 30 miliar shekel untuk membantu mendanai perang dan memberi kompensasi kepada mereka yang terkena dampak serangan lintas batas pada 7 Oktober oleh Hamas yang menyebabkan perang dan roket-roket yang diluncurkan dari Gaza dan Lebanon.

Moshe Gafni, ketua komite keuangan, mengatakan bahwa ia menentang kenaikan pajak pendapatan namun mendukung pajak atas kelebihan keuntungan bank dan langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Menteri Keuangan Bezalel Smotrich kemudian mengatakan kepada wartawan bahwa ia akan bekerja untuk menghindari peningkatan beban keuangan warga selama perang dan prioritas utamanya untuk tahun 2024 adalah membantu para prajurit dan keluarga mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)