Mau Daftar Kedokteran di SNBP 2024? Catat! Nilai 3 Mata Pelajaran Ini Harus Bagus

Selasa, 26 Desember 2023 - 11:56 WIB
loading...
Mau Daftar Kedokteran di SNBP 2024? Catat! Nilai 3 Mata Pelajaran Ini Harus Bagus
Siswa SMA atau SMK yang ingin memilih jurusan Kedokteran di SNBP 2024, harus memiliki nilai yang baik pada 3 mata pelajaran atau mapel pendukung.yakni kimia, biologi dan matematika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 3 mata pelajaran yang nilainya harus bagus untuk mendaftar jurusan kedokteran di SNBP 2024. Siswa SMA atau SMK yang ingin memilih jurusan Kedokteran di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, harus memiliki nilai yang baik pada 3 (tiga) mata pelajaran atau mapel pendukung.

Seperti diketahui, mapel pendukung SNBP adalah mata pelajaran yang berhubungan atau linier dengan program studi atau jurusan kedokteran di perguruan tinggi.Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan mengulas tiga Mapel pendukung yang nilainnya harus bagus untuk mendaftar kedokteran di SNBP 2024, simak ya!

3 Mapel yang Nilainya Harus Bagus untuk Mendaftar Kedokteran di SNBP 2024


Ketika mendaftar kedokteran di SNBP, maka mata pelajaran yang berhubungan dengan materi kuliah jurusan ini yang harus memiliki nilai bagus atau unggul.

Mapel pendukung ini disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Saat ini, ada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 yang digunakan siswa SMA/MA sesuai dalam Keputusan Mendikbud Ristek RI Nomor 345/M/2022.

Sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 masih mengelompokkan siswa berdasarkan kelompok siswa jurusan IPA, IPS atau bahasa. Sedangkan sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka tidak lagi mengelompokkan siswa kedalam jurusan tertentu.

Karena itu, mapel pendukung buat memilih jurusan kedokteran di antara kedua kurikulum tersebut akan berbeda. Jadi, nilai mapel apa saja yang harus bagus buat Jurusan Kedokteran di SNBP 2023?



Pada aturan yang sudah disebutkan di atas, untuk bisa diterima di Jurusan Kedokteran, siswa SMA harus punya nilai unggul di mapel Biologi, Kimia atau Matematika.

Meski demikian siswa tidak harus unggul pada tiga mapel tersebut. Sebab siswa bisa menyertakan 2 nilai dari 3 mapel tersebut yang sesuai Kurikulum sekolahmu.

Dalam SNBP, siswa akan dinilai dari rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran yang sudah diampu. Komponen pertama nilai rapor mempunyai bobot penilaian paling sedikit 50 persen. Komponen kedua yaitu minat dan bakat. Berisi nilai 2 mata pelajaran pendukung jurusan kuliah, termasuk mencangkup portofolio atau prestasi lainnya.

Setiap sertifikat dan prestasi yang relevan dengan tujuan yang dituju akan menambah bobot penilaian paling banyak 50 persen.
Tetapi perlu dicatat, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga memiliki kewenangan menentukan komposisi persentase antara komposisi persentase pertama dan kedua. Lebih jelasnya, ini mapel pendukung untuk bisa memilih Jurusan Kedokteran di SNBP 2023:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)