Seribu Dewi, Program Gus Ipul Bikin Keren Desa Wisata Jatim

Minggu, 25 Februari 2018 - 20:37 WIB
Seribu Dewi, Program Gus Ipul Bikin Keren Desa Wisata Jatim
Seribu Dewi, Program Gus Ipul Bikin Keren Desa Wisata Jatim
A A A
BANYUWANGI - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghabiskan akhir pekan di Banyuwangi, Minggu (25/2/2018). Gus Ipul berwisata ke sejumlah destinasi, seperti 'Bangsring Underwater'. Dia disambut meriah wisatawan yang menyerbu untuk berfoto bersama.

Keponakan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) ini memuji wisata berkonsep edukasi maritim di Bangsring Underwater hingga membawa nelayan pengelola wisata setempat mendapat Kalpataru dari Presiden Joko Widodo.

"Kreativitas dipadu pemasaran yang baik adalah kunci keberhasilan wisata. Dan ini dilakukan Banyuwangi," tuturnya dalam pernyataan tertulis yang dikirimkan ke SINDOnews, Minggu (25/2/2018).

Di Bangsring Underwater terdapat rumah apung dan keramba berisi anak hiu yang diselamatkan dari jaring nelayan untuk direhabilitasi kemudian dilepasliarkan ke laut.

Wisatawan ikut menanam terumbu karang. Daerah yang dulu susut ikannya karena pengeboman ikan itu kini menjadi rumah ratusan jenis ikan, terumbu karang, koloni soft coral. Kekayaan biota laut membuat wisatawan gemar snorkeling.

Gus Ipul sempat memberi makan ikan dengan roti serta menanam terumbu karang. "Dulu orang cari ikan untuk beli roti. Sekarang beli roti untuk kasih makan ikan," ujarnya.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini memperkenalkan program 'Seribu Dewi', pengembangan seribu desa wisata yang bakal digeber di seluruh pelosok bersama Cawagub Puti Guntur Soekarno.

"Titik tekan programnya adalah warga, pariwisata berbasis warga. Ibu-ibu, anak muda, warga diberdayakan. Kita sasar seribu kelompok sadar wisata (pokdarwis), diberi modal, dibantu bikin homestay, dibantu toiletnya agar berstandar, dibantu sistem dan sebagainya," jelasnya.

Dari program itu, Gus Ipul menargetkan ada 200.000 lapangan kerja untuk warga desa. "Ibu-ibu jual makanan, anak muda jadi tour guide, seperti di Bangsring Underwater ini penghasilan warga pengelola wisata relatif besar, melengkapi pendapatan sebagai nelayan. Warga tambah sejahtera," timpalnya.

Sebelum ke Bangsring Underwater, Gus Ipul mengunjungi sejumlah homestay milik warga di daerah Licin yang tak jauh dari kaki Gunung Ijen. Perlengkapan homestay di wilayah ini difasilitasi Kementerian Pariwisata dan Pemkab Banyuwangi. Bahkan, ada pinjaman renovasi homestay melalui kolaborasi perbankan.

Warga memperoleh penghasilan tambahan dari homestay, makanan, serta menjadi pemandu ke Gunung Ijen yang saat akhir pekan dikunjungi 2.000 wisatawan dalam dan luar negeri.

"Program Seribu Dewi memperkuat komunitas-komunitas desa wisata. Target seribu desa wisata unggulan itu juga dikolaborasikan khusus dengan marketplace pariwisata seperti AirBnB, CouchSurfing, TripAdvisor, termasuk startup nasional untuk membantu desa-desa wisata," sebutnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendukung penuh program desa wisata ala Gus Ipul. "Itu memperkuat ekonomi desa, mendatangkan wisatawan sehingga menambah perputaran uang. Otomatis warga desa makin sejahtera," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9416 seconds (0.1#10.140)