alexametrics

Pilgub Jatim, PBNU Pasrahkan pada Para Kiai

loading...
Pilgub Jatim, PBNU Pasrahkan pada Para Kiai
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tidak ingin ikut campur dengan urusan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
SURABAYA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tidak ingin ikut campur dengan urusan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Ormas terbesar itu menyerahkan sikap politik pada ajang pilgub kepada kiai-kiai Jawa Timur.

“Terkait Pilgub Jawa Timur, saya serahkan ke kiai-kiai Jawa Timur. Sebab, kiai-kiai Jatim yang lebih tahu. Bahkan, kiai-kiai dan ulama yang mengetahui kebutuhan serta cocok untuk Jawa Timur,” ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj dalam acara sarasehan ulama dan PKB di Hotel Pesona, Selasa (19/2/2018) dini hari.

Saat ini, ada dua pasangan calon yang maju di Pilgub Jawa Timur. Pasangan calon nomor urut 1 Khofifah Indar Paranwansa-Emil Dardak dan pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri yang mendapat nomor urut dua.

Kedua pasangan calon itu merupakan kader terbaik Nahdlatul Ulama. Khofifah yang mantan Menteri Sosial merupakan Ketua Umum PP Muslimat. Sedangkan, Gus Ipul yang wakil gubernur non aktif saat ini merupakan Wakil Ketua PBNU.

Setiap pasangan mempunyai dukungan kiai-kiai yang kharismatik di Jawa Timur. Hanya dari dukungan parpol pendukung, memang pasangan Gus Ipul-Puti yang didukung PKB, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKS dengan 52% kursi di parlemen. Sisanya mendukung Khofifah-Emil yaitu Demokrat, Golkar, Nasdem, PPP dan Hanura.

“Saya berharap, semoga Pilgub Jawa Timur lancar, aman dan kondusif. Saya menyerahkan sepenuhkan ke kiai-kiai Jawa Timur, karena yang tahu kebutuhan pemimpin untuk Jawa Timur,” pungkas KH Said Aqil Siraj.
(wib)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak