114 Personel Polres Pekalongan Kota Dites Urine Mendadak

Selasa, 20 Februari 2018 - 12:28 WIB
114 Personel Polres Pekalongan Kota Dites Urine Mendadak
114 Personel Polres Pekalongan Kota Dites Urine Mendadak
A A A
PEKALONGAN - Polres Pekalongan Kota menggelar tes urine mendadak kepada 114 anggotanya, Selasa (20/2/2018). Tes urine dilakukan sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang pada anggota kepolisian.

Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Sandy Sitepu didampingi Kasi Propam Iptu Ketut Artika mengatakan, tes urine semacam ini dilakukan secara berkala. Kegiatan ini sebagai langkah preventif agar anggotanya terhindari dari penyalahgunaan narkoba.

“Tes urine ini rutin, berkala, tetapi kita lakukan secara insidentil. Waktu pelaksanannya tidak kita informasikan dulu. Tadi, setelah apel pagi, langsung kita laksanakan,” jelas AKBP Ferry Sandy Sitepu.

Tes urine dilakukan oleh tim Subbit Provos Bid Propam Polda Jateng, Dokkes Polres Pekalongan Kota dan Propam Polres Pekalongan Kota, dilakukan tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu ke anggota. Tes Urine kali ini dilakukan terhadap para perwira jajaran Polres Pekalongan Kota, personel Sat Reskrim, personel Sat Intelkam dan personel Sat Narkoba.

Secara bergiliran, satu-persatu personel sembari didampingi anggota Propam, mengambil sampel urine mereka masing-masing, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah wadah khusus. Tim dokkes langsung menguji kandungan zat dalam urine tersebut menggunakan alat jenis Rapid Diagnostik Test Answer Multi Drug Panels. Hasilnya, bisa segera diketahui hanya dalam hitungan menit.

"Dari hasil pemeriksaan urine menunjukkan, sebanyak 114 personel yang menjalani tes hari itu tidak terindikasi mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya," jelas Kanit Hartib Satu Subbit Provos Bid Propam Polda Jateng Iptu Walidi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7372 seconds (0.1#10.140)