Dandim 1014 Pangkalan Bun Ikut Padamkan Kebakaran Lahan

Jum'at, 16 Februari 2018 - 17:29 WIB
Dandim 1014 Pangkalan Bun Ikut Padamkan Kebakaran Lahan
Dandim 1014 Pangkalan Bun Ikut Padamkan Kebakaran Lahan
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Komandan Kodim (Dandim) 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf Wisnu Kurniawan ikut turun langsung memadamkan api saat kebakaran lahan di Jalan Padat Karya 1, RT 10, Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng, Jumat (16/2/2018).

“Kebakaran lahan tersebut masih belum diketahui awal titik apinya dan luas yang sudah terbakar. Saya tadi pas lewat jalan ini dan langsung hubungi petugas Damkar dan Babinsa setempat,” ujar Wisnu yang ikut memadamkan api lantaran petugas di lapangan membutuhkan pertolongan.

Dia mengatakan, hingga saat ini masih dilaksanakan pemadaman oleh anggota Koramil 1014.02 Kumai, Polsek Kumai, petugas Damkar Kobar, Tagana, dan BPBD Kobar. Tim gabungan menggunakan alat seadanya dan 2 unit mobil pemadam kebakaran.

“Api masih belum bisa dipadamkan karena terkendala oleh medan yang susah dijangkau. Lokasi lahan gambut, kurangnya pasokan air dan cuaca yang panas serta angin cukup kencang di lokasi,” katanya.

Dia menambahkan, lahan yang terbakar cukup luas dan dekat dengan permukiman. Bahkan asapnya sampai menutupi Jalan Padat Karya. Jadi para pengendara harus berhati-hati saat melintasi jalan ini.

Tak hanya di Jalan Padat Karya, kebakaran lahan juga terjadi di Dekat SMP 2 Pangkalan Bun. Posisi kebakaran tepat di sebelah rumah warga. pemilik rumah pun panik dan meminta pertolongan petugas damkar. “Untung pemilik rumah cepat melapor ke kami, sehingga api cepat dipadamkan. Kalau tidak api bisa membakar rumah warga,” ujar petugas BPBD Pahrul.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4893 seconds (0.1#10.140)