Kereta Wisata, Kendaraan untuk Mengantar Pengunjung ke Tugu Monas

Jum'at, 22 Desember 2023 - 07:16 WIB
loading...
Kereta Wisata, Kendaraan untuk Mengantar Pengunjung ke Tugu Monas
Kereta Wisata Monas. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Untuk kamu yang ingin berwisata di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, artikel tentang Kereta Wisata Monas ini penting diketahui. Kereta Wisata atau Kerwis ini bukan untuk berkeliling Monas.

Monumen Nasional atau yang disingkat dengan Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Pembangunan Monas dimulai pada 17 Agustus 1961 di era Presiden Soekarno. Monas dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Saat ini, Monas menjadi salah satu tempat favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berwisata. Nah, bagi kamu yang akan berkunjung ke Monas pada musim liburan kali ini, begitu melewati pintu masuk Lenggang Jakarta, kamu akan melihat kendaraan yang biasa disebut juga odong-odong. Namun, kendaraan tersebut sebenarnya diberi nama Kereta Wisata Kerwis.



Dikutip dari akun Instagram @monumen.nasional, Kerwis adalah salah satu fasilitas di Monas yang gratis. Kendaraan ini dioperasikan untuk mengantarkan pengunjung dari Lenggang Jakarta sampai ke pintu masuk Tugu Monas dan sebaliknya.

Jadi, dengan naik kendaraan ini, kamu yang ke Monas pada siang hari nggak perlu berjalan di bawah terik matahari ketika berjalan dari Lenggang Jakarta menuju Tugu Monas atau sebaliknya.

Kerwis pertama kali beroperasi pada 9 Maret 2008. Kala itu hanya memiliki dua unit kendaraan. Kemudian, pada tahun 2018, Monas mendatangkan lima unit Mobil Listrik guna bentuk mengurangi emisi bahan bakar. Saat ini, Kerwis mempunyai tujuh armada untuk mengantarkan pengunjung yang akan masuk ke Tugu Monas.

Penting juga kamu ketahui, Kerwis bukan untuk berkeliling kawasan Monas. Jadi, setelah kamu naik Kerwis menuju pintu masuk Tugu Monas, kamu akan diminta turun. Sebab, Kerwis tersebut akan ditumpangi oleh mereka yang baru keluar dari Tugu Monas untuk menuju Lenggang Jakarta.

Kerwis ini juga nggak bisa diberhentikan di tengah perjalanan ya. Jadi, kamu harus naik dan turun di tempat yang telah ditentukan.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1052 seconds (0.1#10.140)