Mau Tembus Beasiswa LPDP 2024? Berikut Tips Membuat Surat Rekomendasi

Selasa, 19 Desember 2023 - 09:12 WIB
loading...
Mau Tembus Beasiswa LPDP 2024? Berikut Tips Membuat Surat Rekomendasi
Berikut informasi penting yang perlu diperhatikan untuk melengkapi surat rekomendasi beasiswa LPDP. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran beasiswa LPDP biasanya mensyaratkan adanya surat rekomendasi. Berikut informasi penting yang perlu diperhatikan untuk melengkapi surat rekomendasi .

Surat rekomendasi adalah dokumen yang menjelaskan kualifikasi, karakter, potensi, dan kemampuan pelamar beasiswa secara akademik atau profesional sebagai calon mahasiswa.

Pada pendaftaran beasiswa LPDP, surat rekomendasi biasanya dilampirkan sesuai dengan persyaratan masing-masing program yang diterbitkan paling lama satu tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa.

Baca juga: Mau Lulus Tes Wawancara Beasiswa LPDP 2024? Ini Bocorannya

Pada pendaftaran beasiswa LPDP 2023, surat rekomendasi disampaikan dengan dua cara yakni online form dan offline form. Nah untuk menyiapkan surat rekomendasi biasanya membutuhkan waktu lama.

Selain memilih figur yang cocok memberi rekomendasi yang tahu banyak tentangmu, di beberapa kasus pendaftaran kampus, pemberi rekomendasi juga harus membuat akun pendaftaran, menuliskan, dan mengirimkan rekomendasinya sendiri.

Lalu apakah untuk surat rekomendasi , terutama untuk pendaftaran beasiswa LPDP , diperlukan rekomendasi dari tokoh terkenal dan ternama sebagai rujukan pertama?

Baca juga: Catat! Ini Ketentuan Minimal Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

Dikutip dari Instagram LPDP, berikut ini serba serbi mengenai surat rekomendasi.

1. Siapa figur yang bisa diminta untuk surat rekomendasi?


- Dosen pembimbing skripsi
- Tokoh organisasi/profesi
- Supervisor di tempat kerja/magang
- Tokoh masyarakat

2. Tips sebelum meminta surat rekomendasi

Baca juga: 5 Hal Ini Bisa Membuat Tak Lolos Beasiswa LPDP 2024, Cek Apa Saja

- Berapa jumlah surat rekomendasi yang diminta
- Apakah ada ketentuan dari atasan di tempat kerja, akademisi, atau keduanya
- Apakah ada ketentan format surat rekomendasi. Jika tidak ada format tertentu biasanya akan berbentuk pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab

3. Bagaimana cara meminta surat rekomendasi?


- Pilih pemberi rekomendasi dengan bijak. Yaitu orang yang benar-benar mengenal kamu, bukan hanya sekedar nama ebsar yang hanya mengenal kalian secara permukaan
- Berikan informasi yang cukup. Misalnya ringkasan diri, tujuan akademik, alasan memilih program, dan sejenisnya. Ini akan membantu mereka menulis rekomendasi yang lebih relevan dan persuasif
- Jangan minta mepet dan mendadak. Bahkan dalam banyak kasus, calon mahasiswa menyiapkan waktu 1-3 bulan untuk meminta surat rekomendasi.
- Mintalah dengan sopan akan kesediaan waktunya. Jelaskan maksud, tujuan, dan apa yang perlu mereka lakukan dengan jelas
- Di beberapa kampus, pemberi surat rekomendasi harus membuat akun dan mengisi formulir surat rekomendasi yang tentu akan menyita waktu mereka. Pertimbangkan lagi siapa pemberi rekomendasi yang berkenan meluangkan waktu dan tenaga untuk prosedur submit
- Ucapkan terima kasih setelah mereka memberikan surat rekomendasi. Mereka telah meluangkan waktu dan usaha untuk membantumu.

Nah demikian tadi informasi penting soal hal-hal yang harus diperhatikan pada surat rekomendasi beasiswa LPDP . Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)