Bumil, Yuk Terapkan Cara Ini agar Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam!

Senin, 18 Desember 2023 - 15:15 WIB
loading...
Bumil, Yuk Terapkan Cara Ini agar Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam!
Ibu hamil wajib bisa tidur nyenyak setiap malam, karena ada sederet manfaat. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Seiring perut yang membesar karena usia kehamilan, tak heran banyak ibu jadi susah tidur. Solusinya, coba simak beberapa cara agar bisa tidur nyenyak di bawah ini.

Ibu hamil wajib bisa tidur nyenyak setiap malam, karena ada sederet manfaat. Salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika tidur, sistem imun dapat bekerja dengan baik melawan virus di badan kita.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa tidur nyenyak setiap malam walaupun tengah mengandung? Simak beberapa tipsnya berikut ini!


Cara agar Bisa Tidur Nyenyak

1. Tetapkan Jadwal Tidur

Langkah pertama, Bunda bisa mengubah kebiasaan tidur sehingga Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama. Caranya, cari tahu jam berapa harus bangun untuk bekerja atau sekolah, lalu hitung mundur waktu agar mendapatkan cukup jam tidur.

Tetapkan jam tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat melatih otak Anda untuk mengetahui kapan harus tidur sehingga Anda tidak berbaring saja di tempat tidur ketika pagi hari tiba.

2. Hindari Kafein

Hal yang bunda harus hindari selanjutnya adalah minuman dan makanan yang mengandung kafein. Saat Anda mengonsumsi kopi di sore atau malam hari, zat ini dapat membuat tubuh kamu tetap terjaga.

3. Kelola Stres

Stres merupakan respons tubuh terhadap masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Kondisi ini dapat memengaruhi tubuh secara keseluruhan, baik secara fisik, perilaku, dan emosional. Stres berat bisa membuat seseorang merasa cemas dan gelisah, sehingga tidur pun menjadi tidak nyenyak.

4. Matikan Lampu

Bunda dapat mematikan lampu kamar supaya lebih cepat tidur. Kondisi ruangan yang gelap dapat meningkatkan produksi melatonin, yakni hormon penting untuk tidur. Meski demikian, ada juga beberapa orang yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Anda bisa menyesuaikannya dengan cara mengganti lampu dengan cahaya yang lebih redup.

5. Gunakan Bantal Maternity

Bantal khusus maternity dirancang dengan kelembutan yang maksimal di setiap sisi. Sehingga, ini membuat tidur Anda jadi lebih nyenyak sepanjang malam. Terlebih, bantal yang berkualitas juga biasanya sudah antitungau sehingga tidak mengganggu tidur karena gatal di malam hari.

Dapatkan bantal khusus ibu hamil di AladinMall mumpung lagi ada harga spesial live nanti malam jam 20.00 WIB saat jeda iklan program di aplikasi RCTI+. Nggak cuma itu, kamu juga bisa dapat gratis ongkir tanpa batas (dengan syarat dan ketentuan yang berlaku)!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)