Para Pemimpin Hamas Gelar Pertemuan Rahasia di Turki, Apa yang Dibahas?

Senin, 18 Desember 2023 - 06:08 WIB
loading...
Para Pemimpin Hamas Gelar Pertemuan Rahasia di Turki, Apa yang Dibahas?
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memiliki hubungan yang akrab dengan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para pemimpin Hamas mengadakan pertemuan rahasia pada pekan lalu di Turki. Pertemuan tersebut dihadiri Wakil Ketua Biro Politik Hamas Saleh al-Arouri dari Beirut, dan mantan ketua Hamas Khaled Mashaldari ibu kota Qatar, Doha. Beberapa pejabat senior Hamas lainnya hadir.

Kabar pertemuan itu diungkap lembaga penyiaran nasional Israel KAN pada Minggu malam (17/12/2023).

Kenapa pertemuan rahasia itu digelar di Turki?

Turki sengaja dipilih sebagai lokasi pertemuan karena dianggap cukup aman bagi para pemimpin untuk bertemu di sana. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terus menggunakan retorika anti-Israel sejak dimulainya Perang Israel-Hamas, menyatakan Israel bersalah atas kejahatan perang.

Apa saja yang dibahas?

Pertemuan tersebut diadakan untuk mengoordinasikan langkah Hamas selanjutnya dalam konflik saat ini dengan Israel, yang dimulai pada tanggal 7 Oktober setelah ratusan teroris Hamas menerobos perbatasan dan melakukan serangan mematikan di pangkalan IDF dan komunitas perbatasan Israel, menewaskan 1.200 orang dan menculik hampir 250 orang. rakyat.

Para pemimpin Hamas belum menentukan langkah selanjutnya dalam perang tersebut, baik di Gaza sendiri maupun peran kelompok proksi Iran, Hizbullah di Lebanon, namun KAN melaporkan bahwa kesepakatan sandera-tahanan lainnya mungkin dibahas.



Pada Minggu malam, para pejabat Mesir menyatakan bahwa Israel dan Hamas sama-sama terbuka terhadap gencatan senjata baru dan pembebasan sandera, meskipun masih ada perbedaan pendapat mengenai bagaimana hal itu akan dilaksanakan.

Kepemimpinan Hamas memilih untuk mengadakan pertemuan rahasia mereka di negara ketiga di luar negeri dan bukan melalui sarana teknologi, seperti konferensi video atau panggilan telepon terenkripsi, untuk memungkinkan semua orang duduk dan berbicara bersama dalam lingkungan yang aman untuk mencegah infiltrasi intelijen Israel.

Awal bulan ini, Turki memperingatkan Israel akan “konsekuensi serius” jika mereka mencoba memburu anggota Hamas yang tinggal di luar wilayah Palestina, termasuk di Turki, kata seorang pejabat intelijen Turki. Hal ini terjadi sebagai tanggapan atas rekaman ketua Shin Bet Ronen Bar, yang menyatakan bahwa Israel akan memburu para pemimpin Hamas di Lebanon, Turki, dan Qatar, meskipun itu membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Pada hari yang sama, Erdogan mengklaim bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan diadili sebagai penjahat perang atas serangan Israel di Gaza, menyebut pemimpin partai Likud itu sebagai "tukang jagal Gaza."

Dalam pidatonya pada pertemuan komite Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul pada awal Desember, Erdogan mengatakan bahwa Gaza adalah tanah Palestina dan akan selalu menjadi milik Palestina.

“Israel bukan hanya seorang pembunuh tetapi juga seorang pencuri,” kata Erdogan, seraya menambahkan, “Kita tidak bisa membiarkan Israel menduduki Gaza sekali lagi.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)