Eks Bos Shin Bet Samakan Militer Israel dengan ISIS karena Anut Fundamentalisme Agama

Minggu, 17 Desember 2023 - 11:41 WIB
loading...
Eks Bos Shin Bet Samakan Militer Israel dengan ISIS karena Anut Fundamentalisme Agama
Mantan kepala Shin Bet Ami Ayalon menyamakan taktik perang militer Israel melawan Hamas di Gaza dengan taktik ISIS dan al-Qaeda karena menganut fundamentalisme agama. Foto/Times of Israel
A A A
TEL AVIV - Mantan kepala Shin Bet (dinas keamanan nasional Israel) Ami Ayalon mengkritik taktik perang militer Israel melawan Hamas di Gaza. Dia menyamakan taktik tersebut dengan taktik ISIS dan al-Qaeda karena menganut fundamentalisme agama.

Ayalon, yang juga mantan panglima Angkatan Laut Israel, muncul dalam diskusi online yang diselenggarakan oleh lembaga think tank Carnegie Endowment for International Peace.

Ayalon bergabung bersama analis Timur Tengah Aaron David Miller dan mantan direktur Mossad Efraim Halevy, di mana mereka membahas peran intelijen selama pengeboman brutal Israel yang sedang berlangsung di Gaza, Palestina.



Dalam sesi tersebut, Ayalon menyamakan strategi militer Israel dalam perang tersebut dengan strategi ISIS dan al-Qaeda.

Dia yakin pemerintah Israel saat ini menganut fundamentalisme agama, yang telah menyebabkan pembunuhan tanpa pandang bulu terhadap warga Palestina sejak 7 Oktober.

“Tujuan politiknya adalah menciptakan bencana kemanusiaan di Gaza karena kita akan mulai lagi dari kekacauan ini,” katanya, seperti dikutip The New Arab, Minggu (17/12/2023).

“Ini adalah teori yang tepat dari organisasi-organisasi Muslim yang paling radikal dan fundamental; inilah teologi dan strategi ISIS dan al-Qaeda," katanya lagi.

Ayalon menambahkan bahwa dengan tidak mendefinisikan tujuan politik tertentu dan menggunakan perang “sebagai tujuan”—yang menurutnya harus dilaksanakan sebagai alat—dia berpendapat bahwa rencana Israel telah menjadi “kegagalan besar”.

Dia juga menunjukkan dukungannya terhadap solusi dua negara dan diakhirinya pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Ayalon mengatakan rencana tersebut adalah yang terbaik untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)