Menangkan Gus Ipul-Puti, PDIP Jatim Siapkan 700.000 Saksi

Kamis, 01 Februari 2018 - 18:04 WIB
Menangkan Gus Ipul-Puti, PDIP Jatim Siapkan 700.000 Saksi
Menangkan Gus Ipul-Puti, PDIP Jatim Siapkan 700.000 Saksi
A A A
SURABAYA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyiapkan sebanyak 700.000 saksi di seluruh desa dan disebar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Jawa Timur (Jatim). Saksi ini akan diberikan tugas khusus untuk mengawal pemenangan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari mengatakan, saat hari pencoblosan, para saksi akan dibekali dengan alat khusus untuk dapat menghitung secara akurat suara saat pencoblosan.

Mayoritas saksi tersebut sudah sarat pengalaman. Mereka merupakan kader partai yang militan. Sebelumnya, mereka pernah menjadi saksi saat Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pilgub Jatim lima tahun lalu.

Dari data yang dikantongi PDIP Jatim, ada sekitar 64.000 TPS yang akan didatangi para saksi. Dimana setiap TPS akan dikawal dua saksi. "Itu belum termasuk relawan yang juga siap membantu secara sukarela," ujar Untari, Kamis (1/2/2018)

Soal relawan, Untari tidak menyebutkan secara pasti jumlahnya. Sebab para relawan memang ada banyak.

Mereka mendaftarkan sendiri tanpa diminta pihak partai. Namun dia memperkirakan jumlahnya mencapai jutaan.Terkait teknis pembekalan terhadap para saksi dan relawan, nantinya akan dilakukan DPC PDIP di masing-masing kota/kabupaten di Jatim. Untari tidak bisa menjelaskannya kapan waktu pelaksanaan pembekalan saksi. Sebab itu menjadi ranah internal partai.

"Saksi dan relawan ini akan disiapkan khusus DPC PDIP se Jatim. Mereka siap mengawal dan memantau penghitungan suara agar tidak terjadi kecurangan," terangnya.

Sementara itu, DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Jatim punya jurus sendiri untuk memenangkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno di Pilkada Jatim 2018.

Partai besutan Prabowo Subianto itu akan menerapkan sistem canvassing. Model ini biasa digunakan di kalangan sales atau marketing itu guna membangun kontak langsung dengan para pelanggannya.

“Dalam menerapkan, kader Partai Gerindra akan turun langsung dan akan disebar ke 8.501 desa yang ada di Jatim,” kata Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim, Hendro Tri Subiantoro.

Dengan menurunkan kader yang ada di parlemen DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota, DPC, PAC, ranting dan seluruh organisasi sayap partai itu untuk menerapkan menyukseskan kegiatan canvassing.

Nantinya, akan mengenalkan sosok Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno ke pemilih di seluruh desa di Jatim. “Para kader Partai Gerindra juga akan mengenalkan program yang menjadi visi misi Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno,” tandas Hendro.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4799 seconds (0.1#10.140)